Apa Itu HSE, OSH, HSSE, QHSE, QHSSE ?

HSE, OSH, HSSE, QHSE, QHSSE

HSE, OSH, HSSE, QHSE, QHSSE adalah singkatan dari “Health, Safety, and Environment” atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan.”

HSE, OSH, HSSE, QHSE, QHSSE
HSE, OSH, HSSE, QHSE, QHSSE

Apa itu HSE?

Sebelum kita mengetahuinya lebih baik menjabarkan masing – masing pengertian dari kata HSE tersebut lalu kita dapat menyimpulkan apa itu HSE sebenarnya karena pada umumnya orang – orang hanya mengetahui singkatan tersebut tanpa mengetahui makna atau arti di dalamnya.

Health : Menurut WHO suatu kondisi fisik, mental dan kesejahteraan sosial yang menjadi kesatuan tidak hanya sekedar terbebas dari penyakit atau kecacatan.

Safety : Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia suatu kondisi dimana terbebas dari bahaya, bencana, malapetaka dan cedera.
Environment : Menurut UU nomor 23 tahun 1997 mengenai Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Dengan mengetahui masing – masing definisi kita dapat menjabarkan apa itu HSE. Menurut opini saya bahwa HSE itu adalah suatu ilmu mengenai kondisi fisik, mental dan kesejahteraan sosial yang baik dimana dapat terbebas dari bahaya, bencana dan cedera serta mampu mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia.

Sedangkan menurut ILO (International Labour Organization) mereka lebih menjabarkan definisi dari OSH (Occupational Safety and Health) tanpa mencantumkan lingkungan ke dalam singkatan katanya. Menurut ILO, Occupational Safety and Health adalah suatu ilmu untuk mengantisipasi, rekognisi, evaluasi dan kontrol bahaya yang timbul di atau dari tempat kerja yang dapat mengganggu kesehatan dan kesejahteraan pekerja, juga memiliki kemungkinan dampak pada komunitas sekitar dan lingkungan hidup.

Walaupun begitu di dalam definisinya ILO mencantumkan dan menyinggung mengenai lingkungan dalam keselamatan dan kesehatan kerja. Jadi, dapat disimpulkan bahwa suatu ilmu yang dijabarkan oleh ILO yaitu mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau Occupational Safety and Health karena pada dasarnya tidak ada ilmu HSE secara menyeluruh ia hanya gabungan dari OSH + Environment. Oleh karena itu mungkin kita banyak melihat singkatan seperti, HSE, HSSE, QHSE, QHSSE dan lainnya. Itu semua hanyalah singkatan yang sering kita lihat di berbagai tempat kerja dan setiap tempat kerja memiliki singkatan masing – masing terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Saya akan menjabarkan masing – masing ilmu di tiap singkatan tersebut agar tidak terjadi salah persepsi atau miskonsepsi.
Q : Quality
S : Security
E : Environment
OSH : Occupational Safety and health

Jadi di setiap arti masing – masing kata memiliki ilmu tersendiri dan kemungkinan berdiri sendiri tergantung dari kebutuhan tempat kerja. Dengan memahami hal ini semoga kita tidak ada yang salah persepsi atau miskonsepsi.

Update Harga Solar Industri Terbaru

Berita Terbaru

HR Specialist

JABATAN      : HR SPECIALIST LOKASI         : HEAD OFFICE PT SHA SOLO REQUIREMENTS: Pendidikan S1 Diutamakan Jurusan Psikologi Atau Hukum (jurusan Lain Dipersilahkan Melamar) Berpengalaman Di Bidangnya Min. 2

Cara Menghitung Pemakaian Solar Pada Mesin Diesel

Dalam dunia industri, pemakaian solar pada mesin diesel menjadi elemen kunci yang mempengaruhi efisiensi operasional dan biaya produksi secara keseluruhan. Menghitung dengan cermat konsumsi solar dalam mesin diesel bukan hanya

Pelabuhan Tanjung Perak : Sejarah dan Fasilitas

Pelabuhan Tanjung Perak terletak di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan utama di Indonesia dan merupakan pusat perdagangan penting di wilayah Jawa Timur. Berdasarkan informasi yang

Pelabuhan Tanjung Priok : Sejarah dan Fasilitas

Pelabuhan Tanjung Priok, yang terletak di Jakarta, Indonesia, dibangun pada tahun 1883 oleh pemerintah kolonial Belanda. Pembangunan pelabuhan ini dimulai pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Jenderal Johannes van

Update Harga BBM Solar Industri HSD B35 Terbaru

Harga solar industri b35 hari ini, Penawaran harga Solar Industri HSD B35 Untuk Tanggal 15 s/d 29 Februari 2024 dengan harga Rp. 21.450 untuk wilayah 1, harga Rp. 21.450 untuk

Update Harga BBM Industri HSFO Terbaru

Penawaran harga Solar Industri HSFO Untuk Tanggal 15 s/d 29 Februari 2024 dengan harga Rp. 15.550 untuk wilayah 1, harga Rp. 15.650 untuk wilayah 2, harga Rp. 15.750 untuk wilayah

Translate »