Irit Banget Segini Konsumsi BBM Royal Enfield Super Meteor 650

Konsumsi BBM Royal Enfield Super Meteor 650


Redaksi detikOto telah mencoba langsung Royal Enfield Super Meteor 650 dalam kondisi penggunaan sehari-hari di perkotaan. Sebagai motor gede (moge), berapa konsumsi bahan bakar yang dapat diharapkan dari kendaraan ini?

Perlu dicatat bahwa Super Meteor 650 adalah salah satu produk unggulan dari pabrikan yang tersedia di pasar Indonesia. Motor ini ditenagai oleh mesin twin-parallel 649cc dengan dua silinder, mampu menghasilkan daya sebesar 47 PS pada 7.250 rpm dan torsi sebesar 52,3 Nm pada 5.650 rpm.

Konsumsi BBM Royal Enfield Super Meteor 650
Konsumsi BBM Royal Enfield Super Meteor 650

Sebagai motor cruiser, Super Meteor 650 memang tidak dirancang untuk kecepatan tinggi. Kendaraan ini lebih cocok untuk perjalanan santai dengan kecepatan menengah. Bagaimana kinerja konsumsi bahan bakarnya? Simak ulasan selengkapnya di bawah.

Konsumsi BBM Moge Royal Enfield Super Meteor 650

Selama pengujian di sekitar Bekasi-Jakarta, penguji detikOto menjajal kelincahan Royal Enfield Super Meteor 650 melalui berbagai rute, termasuk jalan raya ramai, jalur perumahan yang sepi, dan lintasan sempit di pemukiman warga.

Pada kebanyakan waktu, penguji detikOto mempertahankan kecepatan kendaraan di kisaran 50-60 km/jam, dengan kecepatan puncak mencapai 90 km/jam, meskipun motor ini memiliki potensi untuk mencapai kecepatan maksimal 160 km/jam.

Pengujian dilakukan dengan skema full to full, di mana tangki bahan bakar diisi penuh sebelum perjalanan dimulai. Bahan bakar yang digunakan adalah Shell Super dengan RON 92. Penguji mengendarai motor dengan gaya berkendara normal, tanpa menerapkan teknik eco driving secara khusus.

Setelah menempuh perjalanan sekitar Bekasi dan Jakarta, saat odometer menunjukkan 100,5 km, tangki bahan bakar diisi kembali hingga penuh. Dalam perjalanan tersebut, diperlukan 2,9 liter bahan bakar untuk mengisi tangki motor.

Dengan perhitungan sederhana, konsumsi bahan bakar Royal Enfield Super Meteor 650 mencapai 15,6 km/liter. Harap diingat bahwa angka ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kondisi jalan dan gaya mengemudi selama pengujian.

Kesimpulan

Dilihat dari hasil pengujian yang dilakukan detikOto, konsumsi bahan bakar Royal Enfield Super Meteor 650 terbilang cukup irit untuk sebuah motor cruiser di kelasnya. Dengan rata-rata 15,6 km/liter, motor ini menawarkan efisiensi yang baik, terutama jika digunakan dalam kecepatan sedang dan dikendarai secara santai.

Namun, perlu diingat bahwa tingkat konsumsi bahan bakar juga tergantung pada beberapa faktor, seperti kondisi jalan, kecepatan rata-rata, dan gaya berkendara. Dalam konteks ini, angka 15,6 km/liter dapat dianggap sebagai pencapaian yang positif, menunjukkan bahwa Super Meteor 650 mampu memberikan keseimbangan yang baik antara performa dan efisiensi bahan bakar.

Dalam dunia industri yang kompetitif, kebutuhan akan bahan bakar berkualitas menjadi sangat krusial. PT SHA SOLO, sebagai agen distributor resmi Pertamina, menawarkan solusi melalui Pertamina Dex. Dengan jaminan kualitas, pasokan yang stabil, dan harga yang kompetitif, PT SHA SOLO menjadi pilihan utama bagi industri yang menginginkan yang terbaik untuk operasional mereka. Bagi industri atau perusahaan yang memerlukan pasokan Pertamina Dex, PT SHA SOLO siap menjadi mitra terpercaya.

Berita Terbaru

PT SHA SOLO Ikut Serta Dalam Kegiatan Donor Darah yang Diadakan Oleh Bank Arta Graha

PT SHA SOLO turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang diadakan oleh Bank Arta Graha, dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Acara ini berlangsung di kantor cabang Bank Arta

Diesel Hammer: Revolusi Energi Kinetik dalam Pemasangan Tiang Pancang Konstruksi

Diesel hammer merupakan salah satu mesin paling vital dan efisien dalam industri konstruksi, digunakan dalam berbagai proyek seperti pemasangan tiang pancang, pembangunan jembatan, gedung pencakar langit, serta proyek konstruksi besar

Apakah Mesin Diesel Bisa Menggunakan Bensin?

Mesin diesel dan mesin bensin adalah dua jenis mesin yang umum digunakan dalam berbagai kendaraan, masing-masing dengan karakteristik dan bahan bakar yang berbeda. Pertanyaan yang sering muncul di kalangan pemilik

Alat-alat Transportasi Udara, Keunggulan dan Kelemahannya

Transportasi udara telah menjadi tulang punggung mobilitas global, menawarkan manfaat yang tak tertandingi dibandingkan moda transportasi lainnya. Salah satu keunggulan utama transportasi udara adalah keamanannya; dengan teknologi canggih dan prosedur

Perbedaan Mesin Diesel 2 Tak dan 4 Tak: Mana yang Lebih Efisien untuk Kapal

Dalam dunia otomotif, khususnya pada sektor perkapalan, mesin diesel memainkan peran penting dalam menentukan performa dan efisiensi kapal. Terdapat dua jenis utama mesin diesel yang digunakan pada kapal, yaitu mesin

Langkah-Langkah Identifikasi Bahaya untuk Meningkatkan K3 di Perusahaan Anda

Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko, dan Pengendalian Risiko adalah elemen kunci dalam Sistem Manajemen Keselamatan Kerja OHSAS 18001:2007, terutama dalam klausul 4.3.1. Proses Identifikasi Bahaya dilakukan untuk merumuskan rencana penerapan K3

Translate ยป
Scroll to Top