Irit Banget Segini Konsumsi BBM Royal Enfield Super Meteor 650

Konsumsi BBM Royal Enfield Super Meteor 650


Redaksi detikOto telah mencoba langsung Royal Enfield Super Meteor 650 dalam kondisi penggunaan sehari-hari di perkotaan. Sebagai motor gede (moge), berapa konsumsi bahan bakar yang dapat diharapkan dari kendaraan ini?

Perlu dicatat bahwa Super Meteor 650 adalah salah satu produk unggulan dari pabrikan yang tersedia di pasar Indonesia. Motor ini ditenagai oleh mesin twin-parallel 649cc dengan dua silinder, mampu menghasilkan daya sebesar 47 PS pada 7.250 rpm dan torsi sebesar 52,3 Nm pada 5.650 rpm.

Konsumsi BBM Royal Enfield Super Meteor 650
Konsumsi BBM Royal Enfield Super Meteor 650

Sebagai motor cruiser, Super Meteor 650 memang tidak dirancang untuk kecepatan tinggi. Kendaraan ini lebih cocok untuk perjalanan santai dengan kecepatan menengah. Bagaimana kinerja konsumsi bahan bakarnya? Simak ulasan selengkapnya di bawah.

Konsumsi BBM Moge Royal Enfield Super Meteor 650

Selama pengujian di sekitar Bekasi-Jakarta, penguji detikOto menjajal kelincahan Royal Enfield Super Meteor 650 melalui berbagai rute, termasuk jalan raya ramai, jalur perumahan yang sepi, dan lintasan sempit di pemukiman warga.

Pada kebanyakan waktu, penguji detikOto mempertahankan kecepatan kendaraan di kisaran 50-60 km/jam, dengan kecepatan puncak mencapai 90 km/jam, meskipun motor ini memiliki potensi untuk mencapai kecepatan maksimal 160 km/jam.

Pengujian dilakukan dengan skema full to full, di mana tangki bahan bakar diisi penuh sebelum perjalanan dimulai. Bahan bakar yang digunakan adalah Shell Super dengan RON 92. Penguji mengendarai motor dengan gaya berkendara normal, tanpa menerapkan teknik eco driving secara khusus.

Setelah menempuh perjalanan sekitar Bekasi dan Jakarta, saat odometer menunjukkan 100,5 km, tangki bahan bakar diisi kembali hingga penuh. Dalam perjalanan tersebut, diperlukan 2,9 liter bahan bakar untuk mengisi tangki motor.

Dengan perhitungan sederhana, konsumsi bahan bakar Royal Enfield Super Meteor 650 mencapai 15,6 km/liter. Harap diingat bahwa angka ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kondisi jalan dan gaya mengemudi selama pengujian.

Kesimpulan

Dilihat dari hasil pengujian yang dilakukan detikOto, konsumsi bahan bakar Royal Enfield Super Meteor 650 terbilang cukup irit untuk sebuah motor cruiser di kelasnya. Dengan rata-rata 15,6 km/liter, motor ini menawarkan efisiensi yang baik, terutama jika digunakan dalam kecepatan sedang dan dikendarai secara santai.

Namun, perlu diingat bahwa tingkat konsumsi bahan bakar juga tergantung pada beberapa faktor, seperti kondisi jalan, kecepatan rata-rata, dan gaya berkendara. Dalam konteks ini, angka 15,6 km/liter dapat dianggap sebagai pencapaian yang positif, menunjukkan bahwa Super Meteor 650 mampu memberikan keseimbangan yang baik antara performa dan efisiensi bahan bakar.

Dalam dunia industri yang kompetitif, kebutuhan akan bahan bakar berkualitas menjadi sangat krusial. PT SHA SOLO, sebagai agen distributor resmi Pertamina, menawarkan solusi melalui Pertamina Dex. Dengan jaminan kualitas, pasokan yang stabil, dan harga yang kompetitif, PT SHA SOLO menjadi pilihan utama bagi industri yang menginginkan yang terbaik untuk operasional mereka. Bagi industri atau perusahaan yang memerlukan pasokan Pertamina Dex, PT SHA SOLO siap menjadi mitra terpercaya.

Update Harga Solar Industri Terbaru

Berita Terbaru

HR Specialist

JABATAN      : HR SPECIALIST LOKASI         : HEAD OFFICE PT SHA SOLO REQUIREMENTS: Pendidikan S1 Diutamakan Jurusan Psikologi Atau Hukum (jurusan Lain Dipersilahkan Melamar) Berpengalaman Di Bidangnya Min. 2

Cara Menghitung Pemakaian Solar Pada Mesin Diesel

Dalam dunia industri, pemakaian solar pada mesin diesel menjadi elemen kunci yang mempengaruhi efisiensi operasional dan biaya produksi secara keseluruhan. Menghitung dengan cermat konsumsi solar dalam mesin diesel bukan hanya

Pelabuhan Tanjung Perak : Sejarah dan Fasilitas

Pelabuhan Tanjung Perak terletak di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan utama di Indonesia dan merupakan pusat perdagangan penting di wilayah Jawa Timur. Berdasarkan informasi yang

Pelabuhan Tanjung Priok : Sejarah dan Fasilitas

Pelabuhan Tanjung Priok, yang terletak di Jakarta, Indonesia, dibangun pada tahun 1883 oleh pemerintah kolonial Belanda. Pembangunan pelabuhan ini dimulai pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Jenderal Johannes van

Update Harga BBM Solar Industri HSD B35 Terbaru

Harga solar industri b35 hari ini, Penawaran harga Solar Industri HSD B35 Untuk Tanggal 15 s/d 29 Februari 2024 dengan harga Rp. 21.450 untuk wilayah 1, harga Rp. 21.450 untuk

Update Harga BBM Industri HSFO Terbaru

Penawaran harga Solar Industri HSFO Untuk Tanggal 15 s/d 29 Februari 2024 dengan harga Rp. 15.550 untuk wilayah 1, harga Rp. 15.650 untuk wilayah 2, harga Rp. 15.750 untuk wilayah

Translate »