Kenali Fungsi Tangki Bahan Bakar (Fuel Tank) dan Komponen Paling Vital!

Bagian-bagian Fuel Tank

Kenali Fungsi Tangki Bahan Bakar (Fuel Tank) dan Komponen Paling Vital! – Tangki bahan bakar, Sob! Apa tuh kegunaannya? Nah, gini, tangki ini kayak “rumah” buat bensin di kendaraan kita. Jadi, fungsinya simpel: nyimpen bahan bakar secukupnya buat si motor atau mobil. Nah, tangki bahan bakar ini jadi salah satu teman setia dalam keluarga komponen-komponen sistem bahan bakar. Mantap, kan?

Bagian-bagian Fuel Tank
Bagian-bagian Fuel Tank

Komponen – Komponen Tangki Bahan Bakar (Fuel Tank)

Separator

Separator emang jago banget, Bro! Dia tuh kayak pengaman superhero buat bahan bakar di tangki kendaraan. Jadi, pas kita lagi ngebut di jalan rusak atau gelombang, si Separator ini mencegah bahan bakar jadi kacau. Nggak cuma itu, dia juga ngebantu supaya bensin tetap terhisap saat kita naikin atau turunin jalan. Jadi, tangki bakal selalu penuh bensin, gak bakal kehisap angin!

Baut Penguras

Baut penguras digunakan pada tangki bahan bakar untuk menguras bensin dan juga untuk menguras air apabila bensin bercampur air. Jika mengisi bahan bakar tidak penuh maka didalam tangki akan terdapat udara. Pada kondisi dingin, udara akan mengembun dan air embun tersebut akan menempel didinding-dinding tangki bahan bakar, Akibat dari embunan air inilah kenapa ada air yang masuk kedalam tangki bahan bakar. Air memiliki berat jenis yang lebih berat dibanding dengan bahan bakar sehingga air akan berada dibawah bahan bakar. Jika ada air didalam tangki maka seperti yang kita tahu, tangki akan memiliki kemungkinan untuk terjadi karat sehingga air yang ada pada tangki harus dikuras melalui baut penguras.

Tutup Tangki

Tutup tangki itu seperti penjaga keamanan bahan bakar, guys! Fungsinya simpel tapi krusial banget. Jadi, ketika kendaraan lagi diguncang atau goyang-goyang di jalan, tutup tangki ini bakal nahan bahan bakar supaya enggak tumpah kemana-mana. Nah, yang bikin asyik lagi, ada tipe tutup tangki yang punya lubang ventilasi, loh. Lubang itu nggak main-main, tujuannya biar tekanan di dalam tangki bisa selaras sama tekanan udara di luar. Kalau tutup tangki nggak punya lubang ventilasi, bisa-bisa tangki punya lubang khusus dengan bantuan katup. Jadi, tutup tangki ini bukan cuma pelindung, tapi juga punya trik jitu buat bikin tekanan bahan bakar tetap balance!

a. Kelebihan ventilasi pada tutup tangki yaitu :

  • Tipe ventilasi pada tutup tangki ini sering digunakan pada mobil.
  • Jika ujung dari saluran lubang ventilasi ini tidak terpasang pada tempat yang bersih maka kotoran akan dapat masuk kedalam tangki bahan bakar.

b. Kelebihan ventilasi dengan katup yaitu :

  • Pada tipe ventilasi dengan katup ini akan lebih aman terhadap terjadinya kebocoran saat posisi kendaraan miring atau terbalik sekalipun.
  • Penguapan dari bahan bakarnya lebih sedikit sehingga bahan bakar akan lebih irit.

Fuel Sender Gauge

Fuel sender gauge itu kayak detektif bahan bakar di dalam tangki, nih! Jadi, dia punya tugas spesial buat ngebaca tinggi rendahnya bahan bakar di tangki kendaraan. Makanya, kita jadi tahu dengan pasti, apakah bahan bakarnya masih cukup buat perjalanan atau udah waktunya isi ulang. Seru, kan? Fuel sender gauge ini bakal jadi teman setia buat nemenin perjalanan, biar kita nggak bingung pas di jalan. Jadi, dia itu kayak sahabat yang selalu ngingetin, “Eh, bahan bakarnya udah menipis, nih!” ????⛽

Update Harga Solar Industri Terbaru

Berita Terbaru

HR Specialist

JABATAN      : HR SPECIALIST LOKASI         : HEAD OFFICE PT SHA SOLO REQUIREMENTS: Pendidikan S1 Diutamakan Jurusan Psikologi Atau Hukum (jurusan Lain Dipersilahkan Melamar) Berpengalaman Di Bidangnya Min. 2

Cara Menghitung Pemakaian Solar Pada Mesin Diesel

Dalam dunia industri, pemakaian solar pada mesin diesel menjadi elemen kunci yang mempengaruhi efisiensi operasional dan biaya produksi secara keseluruhan. Menghitung dengan cermat konsumsi solar dalam mesin diesel bukan hanya

Pelabuhan Tanjung Perak : Sejarah dan Fasilitas

Pelabuhan Tanjung Perak terletak di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan utama di Indonesia dan merupakan pusat perdagangan penting di wilayah Jawa Timur. Berdasarkan informasi yang

Pelabuhan Tanjung Priok : Sejarah dan Fasilitas

Pelabuhan Tanjung Priok, yang terletak di Jakarta, Indonesia, dibangun pada tahun 1883 oleh pemerintah kolonial Belanda. Pembangunan pelabuhan ini dimulai pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Jenderal Johannes van

Update Harga BBM Solar Industri HSD B35 Terbaru

Harga solar industri b35 hari ini, Penawaran harga Solar Industri HSD B35 Untuk Tanggal 15 s/d 29 Februari 2024 dengan harga Rp. 21.450 untuk wilayah 1, harga Rp. 21.450 untuk

Update Harga BBM Industri HSFO Terbaru

Penawaran harga Solar Industri HSFO Untuk Tanggal 15 s/d 29 Februari 2024 dengan harga Rp. 15.550 untuk wilayah 1, harga Rp. 15.650 untuk wilayah 2, harga Rp. 15.750 untuk wilayah

Translate »