Indonesia-UAE Bahas Kolaborasi Energi, Inilah Kesepakatannya

Indonesia-UAE Bahas Kolaborasi Energi, Inilah Kesepakatannya
Indonesia-UAE Bahas Kolaborasi Energi, Inilah Kesepakatannya
Indonesia-UAE Bahas Kolaborasi Energi, Inilah Kesepakatannya

Dalam ajang konferensi energi global, Abu Dhabi International Progresive Energy Conference (ADIPEC) tanggal 3 Oktober 2023, Indonesia dan Uni Emirat Arab mengadakan pertemuan Joint Working Group (JWG) terkait Energi.

Pimpinan diskusi ini adalah Staf Khusus Menteri ESDM, Triharyo Soesilo dan Undersecretary for Energy and Infrastructure dari Kementerian Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab, Sharif Salim Al Olama.

Tujuan JWG adalah untuk meningkatkan kerjasama dua negara dalam bidang energi, meliputi kolaborasi perdagangan, investasi, dan pengembangan kapasitas.

“Melalui JWG ini, kita bisa melihat bentuk nyata dari penguatan kerjasama energi. Sebab, Indonesia dan UEA telah menjadi mitra penting dalam industri minyak dan gas,” ujar Triharyo, Rabu (4/10/2023).

Pelaksanaan JWG ini adalah tindak lanjut dari Joint Declaration of Intent yang telah ditandatangani antara Kementerian ESDM Indonesia dan Kementerian Energi dan Infrastruktur UEA pada bulan November 2022.

Dari sisi UEA, Sharif Salim Al Olama menegaskan komitmen negaranya untuk mencapai emisi nol (net zero emission) pada tahun 2050. Ini akan dilakukan dengan mengurangi konsumsi energi, meminimalisir emisi, dan meningkatkan efisiensi energi di berbagai sektor di UEA.

“Kami bertujuan menjadikan Uni Emirat Arab sebagai pelopor dalam inovasi hidrogen sebagai energi terbarukan pada 2031,” terang Sharif.

Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab, Husin Bagis, juga menambahkan harapannya agar diskusi JWG bisa mempererat hubungan kedua negara.

“Kami berharap UEA bisa turut serta dalam pencapaian target 10 Gigawatt Indonesia demi terwujudnya bauran energi yang berkelanjutan,” kata Husin.

Hasil diskusi tersebut menunjukkan beberapa kesempatan kerjasama di bidang minyak dan gas, energi terbarukan terkini, sektor ketenagalistrikan, serta bidang mineral dan batu bara.

sumber: Detik

Berita Terbaru

PT SHA SOLO Ikut Serta Dalam Kegiatan Donor Darah yang Diadakan Oleh Bank Arta Graha

PT SHA SOLO turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang diadakan oleh Bank Arta Graha, dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Acara ini berlangsung di kantor cabang Bank Arta

Diesel Hammer: Revolusi Energi Kinetik dalam Pemasangan Tiang Pancang Konstruksi

Diesel hammer merupakan salah satu mesin paling vital dan efisien dalam industri konstruksi, digunakan dalam berbagai proyek seperti pemasangan tiang pancang, pembangunan jembatan, gedung pencakar langit, serta proyek konstruksi besar

Apakah Mesin Diesel Bisa Menggunakan Bensin?

Mesin diesel dan mesin bensin adalah dua jenis mesin yang umum digunakan dalam berbagai kendaraan, masing-masing dengan karakteristik dan bahan bakar yang berbeda. Pertanyaan yang sering muncul di kalangan pemilik

Alat-alat Transportasi Udara, Keunggulan dan Kelemahannya

Transportasi udara telah menjadi tulang punggung mobilitas global, menawarkan manfaat yang tak tertandingi dibandingkan moda transportasi lainnya. Salah satu keunggulan utama transportasi udara adalah keamanannya; dengan teknologi canggih dan prosedur

Perbedaan Mesin Diesel 2 Tak dan 4 Tak: Mana yang Lebih Efisien untuk Kapal

Dalam dunia otomotif, khususnya pada sektor perkapalan, mesin diesel memainkan peran penting dalam menentukan performa dan efisiensi kapal. Terdapat dua jenis utama mesin diesel yang digunakan pada kapal, yaitu mesin

Langkah-Langkah Identifikasi Bahaya untuk Meningkatkan K3 di Perusahaan Anda

Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko, dan Pengendalian Risiko adalah elemen kunci dalam Sistem Manajemen Keselamatan Kerja OHSAS 18001:2007, terutama dalam klausul 4.3.1. Proses Identifikasi Bahaya dilakukan untuk merumuskan rencana penerapan K3

Translate ยป
Scroll to Top