Update Harga BBM Industri HSFO Terbaru

Update Harga BBM Industri HSFO Terbaru

Bahan bakar minyak (BBM) memegang peranan penting dalam roda perekonomian dan operasional industri. Ketersediaannya yang stabil serta harga yang wajar menjadi dua hal krusial yang selalu menjadi perhatian pelaku industri. Terlebih lagi untuk jenis BBM seperti HSFO (High Sulphur Fuel Oil) yang banyak digunakan di sektor-sektor industri tertentu. Namun, seperti halnya komoditas lainnya, harga HSFO seringkali mengalami fluktuasi, dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari dalam maupun luar negeri. Artikel ini akan menyajikan informasi terbaru mengenai harga BBM industri HSFO, memberikan Anda gambaran detail tentang dinamika terkini di pasar bahan bakar ini.

Update Harga BBM Industri HSFO Terbaru
Update Harga BBM Industri HSFO Terbaru

Apa itu BBM HSFO?

Bahan Bakar Minyak (BBM) HSFO, atau High Sulphur Fuel Oil, adalah jenis bahan bakar minyak yang memiliki kandungan belerang (sulfur) tinggi. Sesuai dengan namanya, “High Sulphur” mengindikasikan bahwa BBM ini memiliki kandungan sulfur di atas 3,5% berat. HSFO banyak digunakan dalam industri pelayaran, pembangkit listrik, dan sektor industri lain yang memerlukan sumber energi dengan daya bakar tinggi.

Sejarahnya, HSFO menjadi pilihan utama bagi banyak industri karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan bahan bakar dengan kandungan sulfur rendah. Namun, dengan meningkatnya kesadaran akan isu-isu lingkungan dan penerapan regulasi yang lebih ketat terkait emisi gas buang, permintaan terhadap HSFO mulai berkurang, terutama di sektor pelayaran.

Meskipun begitu, BBM HSFO tetap memiliki peran penting di beberapa sektor industri, terutama di daerah atau negara yang belum menerapkan regulasi ketat mengenai emisi belerang. Namun, penggunaannya selalu disarankan untuk dilengkapi dengan teknologi pembersihan emisi atau yang dikenal dengan scrubber untuk mengurangi dampak polusi udara.

Update Harga Keekonomian Solar Industri HSFO Terbaru

Harga BBM Industri HSFO

HARGA WILAYAH 1HARGA WILAYAH 2HARGA WILAYAH 3HARGA WILAYAH 4
Rp 16.350Rp 16.450Rp 16.550Rp 16.700
  • Wilayah 1 berlaku untuk titik suplai yang berada di Sumatera, Jawa, Madura, dan Bali.
  • Wilayah 2 berlaku untuk titik suplai yang berada di Kalimantan.
  • Wilayah 3 berlaku untuk titik suplai yang berada di Sulawesi dan Provinsi NTB.
  • Wilayah 4 berlaku untuk titik suplai yang berada di Papua, Maluku, dan Propinsi NTT

Manfaat BBM HSFO untuk Sektor Industri

Bahan Bakar Minyak (BBM) HSFO, meskipun dikenal memiliki kandungan sulfur yang tinggi, tetap menjadi pilihan bagi beberapa sektor industri. Berikut ini adalah beberapa manfaat penggunaan BBM HSFO di sektor industri:

  1. Efisiensi Biaya: Salah satu alasan utama industri memilih HSFO adalah karena harganya yang relatif lebih ekonomis dibandingkan dengan bahan bakar minyak dengan kandungan sulfur rendah. Bagi industri yang memiliki operasional berskala besar, penghematan biaya bahan bakar bisa sangat signifikan.
  2. Ketersediaan Luas: HSFO telah lama digunakan di berbagai sektor industri, sehingga ketersediaannya di pasaran global relatif stabil. Ini memungkinkan industri mendapatkan pasokan bahan bakar dengan mudah.
  3. Daya Bakar Tinggi: HSFO memiliki nilai kalori yang tinggi, sehingga memberikan efisiensi energi yang baik. Hal ini memungkinkan mesin dan peralatan industri beroperasi dengan optimal.
  4. Kompatibilitas dengan Mesin Lama: Banyak mesin dan peralatan industri tua yang dirancang khusus untuk menggunakan HSFO. Mengganti bahan bakar ini dengan jenis lain bisa memerlukan modifikasi atau penyesuaian yang rumit dan mahal.
  5. Pilihan Transisi: Bagi industri yang berencana beralih ke bahan bakar yang lebih ramah lingkungan tetapi memerlukan waktu transisi, HSFO bisa menjadi pilihan sementara. Dengan demikian, operasional industri tetap berjalan sambil menunggu perubahan infrastruktur atau teknologi yang diperlukan.
  6. Penggunaan Teknologi Scrubber: Dengan adanya teknologi scrubber, emisi belerang dari HSFO bisa dikurangi. Meskipun memerlukan investasi awal, teknologi ini memungkinkan industri untuk tetap mematuhi regulasi lingkungan tanpa harus mengganti jenis bahan bakar yang digunakan.
  7. Dukungan Industri Pendukung: Karena HSFO telah lama digunakan, industri pendukung seperti penyediaan suku cadang, pemeliharaan, dan lainnya sudah mapan. Ini memudahkan operasional dan pemeliharaan bagi industri yang menggunakan HSFO.

Meskipun memiliki berbagai manfaat, penting bagi industri untuk selalu mempertimbangkan dampak lingkungan dari penggunaan HSFO. Adanya tekanan global untuk mengurangi emisi gas rumah kaca membuat banyak negara menerapkan regulasi ketat terhadap penggunaan bahan bakar dengan kandungan sulfur tinggi. Sehingga, langkah-langkah adaptasi dan inovasi terus diperlukan untuk memastikan keberlanjutan operasional industri di masa depan.

PT SHA SOLO: Agen Distributor BBM HSFO Resmi Pertamina

Dalam era industri yang terus berkembang, kebutuhan akan bahan bakar minyak (BBM) menjadi salah satu hal yang sangat krusial. PT SHA SOLO merupakan salah satu distributor resmi Pertamina yang menyediakan BBM HSFO untuk memenuhi kebutuhan industri di Indonesia, khususnya di area Solo dan sekitarnya.

  • Kualitas Terjamin: Sebagai agen resmi Pertamina, PT SHA SOLO menjamin kualitas BBM HSFO sesuai dengan standar Pertamina.
  • Harga Bersaing: Berkat hubungan baik dengan Pertamina, PT SHA SOLO mampu menawarkan harga yang kompetitif di pasaran.
  • Layanan Cepat: Dengan tim yang profesional dan armada pengiriman yang memadai, PT SHA SOLO menjamin kecepatan dalam pengiriman dan pelayanan.
  • Transparansi: PT SHA SOLO selalu memberikan informasi yang jelas dan transparan mengenai produk, harga, serta ketentuan lainnya kepada para pelanggan.
  • Support Teknis: Tim teknis dari PT SHA SOLO siap membantu pelanggan dalam hal teknis terkait penggunaan BBM HSFO.

Bagi industri di Solo dan sekitarnya yang memerlukan pasokan BBM HSFO berkualitas, PT SHA SOLO merupakan pilihan yang tepat. Dengan jaminan kualitas dari Pertamina, harga yang kompetitif, serta layanan yang maksimal, PT SHA SOLO siap mendukung kelancaran operasional industri di Indonesia.

HUBUNGI KAMI

Berita Terbaru

Pengertian Refinery dalam Industri Perminyakan

Refinery bisa di sebut juga pemurnian atau kilang adalah proses mengubah minyak mentah menjadi berbagai produk siap pakai seperti bensin, solar, dan lain-lain, atau menjadi bahan dasar untuk industri minyak.

Lowongan Supervisor Produksi PT Shabat Warna Gemilang

LOKER SUDAH DI TUTUP JABATAN      : SUPERVISOR PRODUKSI LOKASI         : PT SHABAT WARNA GEMILANG REQUIREMENTS: Pria/Wanita Usia 25 – 45 Tahun Pendidikan minimal SMA/sederajat Memiliki pengalaman diindustri percetakan minimal

Lowongan Supervisor Finance & Accounting PT Shabat Warna Gemilang

LOKER SUDAH DI TUTUP JABATAN      : Supervisor Finance & Accounting LOKASI         : PT SHABAT WARNA GEMILANG REQUIREMENTS: Pria/Wanita Usia maks. 40 tahun Pendidikan minimal S1 Akuntansi Pengalaman kerja minimal 3

Loker Finance Accounting – Solo Abadi Teknik

Loker Mekanik di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, pemimpin inovasi dalam solusi teknik, saat ini membuka peluang berharga untuk individu yang berdedikasi dan memiliki keahlian di bidang mekanik. Kami mencari

Loker Mekanik – Solo Abadi Teknik

Loker Mekanik di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, pemimpin inovasi dalam solusi teknik, saat ini membuka peluang berharga untuk individu yang berdedikasi dan memiliki keahlian di bidang mekanik. Kami mencari

Loker Service Advisor – Solo Abadi Teknik

Loker Service Advisor di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, perusahaan terdepan di industri teknik, membuka kesempatan emas bagi Anda yang memiliki passion dalam layanan pelanggan dan teknik untuk mengisi

Translate »
Scroll to Top