Tujuan dan Contoh Nyata Reklamasi Lingkungan di Luar Negeri

Reklamasi tambang adalah proses pemulihan dan perbaikan lahan yang telah digunakan untuk kegiatan pertambangan agar dapat digunakan kembali untuk tujuan produktif atau sebagai ekosistem yang sehat. Proses ini melibatkan berbagai tindakan untuk mengembalikan kondisi lingkungan seperti semula atau bahkan lebih baik daripada sebelumnya. Reklamasi tambang bertujuan untuk memperbaiki kerusakan tanah, mengurangi erosi, mengembalikan keanekaragaman hayati, dan memastikan bahwa lahan tersebut dapat digunakan secara berkelanjutan di masa mendatang.

Artikel ini akan membahas berbagai tujuan reklamasi lingkungan dan contoh keberhasilan reklamasi pasca-pertambangan. Untuk detail lebih lanjut, simak penjelasan lengkapnya pada poin-poin berikut.

Tujuan Reklamasi

Kegiatan reklamasi lingkungan memiliki beberapa tujuan yang bermanfaat untuk kelangsungan hidup masyarakat di sekitar wilayah pasca tambang. Tujuan dari kegiatan reklamasi pasca tambang ini mencakup berbagai sektor kehidupan, termasuk pemulihan ekosistem yang rusak, pengembangan lahan pertanian, pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas hidup melalui ruang terbuka hijau, dan pengembangan pariwisata. Dengan reklamasi yang tepat, dampak negatif pertambangan dapat diminimalkan dan lingkungan dapat kembali memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

1. Memperbaiki Kondisi Lahan dan Menghindari Erosi Salah satu tujuan utama dari reklamasi adalah memperbaiki lahan yang rusak, sering terjadi di area bekas tambang. Kegiatan pertambangan, terutama tambang terbuka, meninggalkan lubang-lubang besar di permukaan bumi. Banyak tambang tidak menutup kembali lubang-lubang ini, yang dapat menyebabkan erosi saat hujan deras. Reklamasi bertujuan untuk mengisi dan menstabilkan lubang-lubang ini, sehingga mencegah erosi dan memperbaiki kondisi tanah.

2. Mengembalikan Flora, Fauna, dan Meningkatkan Biodiversitas Pertambangan sering menyebabkan degradasi lahan dan hilangnya keanekaragaman hayati. Reklamasi membantu mengembalikan flora dan fauna yang hilang serta meningkatkan biodiversitas. Dengan menanami kembali area yang terdegradasi, reklamasi mengubah lahan bekas tambang menjadi habitat yang produktif dan beragam. Keberhasilan reklamasi dapat diukur dengan kembalinya berbagai jenis tumbuhan dan hewan ke area tersebut.

3. Mengelola Kadar Air Asam Tambang Air asam tambang, yang mengandung logam berat beracun, memiliki dampak buruk bagi lingkungan. Reklamasi mencakup upaya untuk menetralkan air ini, misalnya dengan menambahkan kapur tohor untuk menyeimbangkan pH. Dengan mengelola air asam tambang, reklamasi membantu mencegah kerusakan lingkungan lebih lanjut dan melindungi kesehatan tanah serta air di sekitarnya.

Ketiga poin di atas menggambarkan pentingnya reklamasi lingkungan pasca pertambangan dan manfaatnya bagi lingkungan sekitar. Proses reklamasi tidak hanya memperbaiki lahan yang rusak tetapi juga mendukung keberlanjutan ekosistem dan kehidupan manusia.

Contoh Reklamasi di Luar Negeri

1. Pusat Bisnis & Logistik di Pennsylvania Di Luzerne County, Pennsylvania, area bekas tambang batubara seluas 25 hektar direklamasi menjadi pusat logistik. Earth Conservancy mengubah lahan ini sehingga bisa digunakan kembali, kemudian dijual kepada NorthPoint Development yang mengubahnya menjadi pusat logistik. Perusahaan seperti Adidas, Chewy.com, dan Patagonia kini menyewa lahan tersebut, menciptakan sekitar 2.000 pekerjaan baru. Sejak 2014, Earth Conservancy telah mereklamasi sekitar 600 hektar lahan bekas tambang, menghasilkan sekitar 3.700 lapangan pekerjaan baru.

2. Tour Wisata Kereta Api Bawah Tanah di Portal 31 Mine, Kentucky Lynch, Kentucky, yang dahulu merupakan kota batubara terbesar di dunia, kini memiliki proyek reklamasi untuk mengatasi banjir di dua portal tambang bawah tanah. Selain itu, proyek ini memperbarui pameran tambang batubara dan merenovasi gedung-gedung bersejarah, menjadikannya destinasi wisata yang menarik.

3. Lahan Penggembalaan Ternak di Mongolia Reklamasi lingkungan pada tambang Ereen di Mongolia mengubah lahan bekas tambang seluas 44 hektar menjadi padang rumput yang bersih untuk penggembalaan ternak. Proses ini melibatkan pengiriman peralatan dan material restorasi selama lima bulan, dengan kru yang tinggal di lokasi tambang. Hasilnya, lahan ini kini digunakan oleh para gembala Mongolia, dengan akses lebih mudah ke air minum dan kolam untuk hewan.

4. Taman Rekreasi di Northumberlandia Pada tahun 2012, Northumberlandia melaksanakan reklamasi pertambangan dengan membangun patung lanskap berbentuk sosok perempuan bersandar di taman komunitas seluas 46 hektar. Taman ini bersebelahan dengan Tambang Permukaan Sutton yang masih beroperasi dan dapat dikunjungi oleh masyarakat secara gratis.

5. Instalasi Tenaga Surya di Virginia Di Wise County, Virginia, lahan bekas tambang seluas 13 hektar direklamasi menjadi fasilitas tenaga surya yang menyediakan hingga 3 megawatt energi bersih. Proyek ini memasok sekitar 20% daya energi untuk pusat data lokal dan memberikan kontribusi pendapatan sekitar $1,2 juta ke ekonomi lokal.

Bicara soal proses reklamasi lahan bekas tambang, SUCOFINDO menyediakan pelayanan konsultansi tambang mineral dan infrastruktur untuk menunjang aktivitas pertambangan dari perencanaan hingga pasca tambang. Jasa konsultasi tambang ini menawarkan solusi reklamasi sesuai dengan standar dan peraturan nasional, membantu memulihkan lingkungan pasca tambang secara efektif.

Berita Terbaru

Loker HR Manager

JABATAN      : HR Manager LOKASI         : Kantor Pusat  REQUIREMENTS: Pendidikan S1 Diutamakan Jurusan Psikologi Atau Hukum (jurusan Lain Dipersilahkan Melamar) Berpengalaman Di Bidangnya Min. 3 Tahun Menguasai Ms.

Jenis – Jenis Bahan Bakar Yang Digunakan Di Industri 

Industri modern sangat bergantung pada berbagai jenis bahan bakar untuk menjalankan operasionalnya. Bahan bakar yang digunakan tidak hanya menyediakan energi untuk mesin dan peralatan, tetapi juga berperan penting dalam efisiensi

Harga Solar Industri Hari Ini 2024

Pengertian Solar Industri Solar industri adalah jenis bahan bakar minyak yang digunakan dalam berbagai industri untuk menggerakkan mesin dan peralatan berat. Bahan bakar ini sering disebut juga sebagai solar atau

Pompa Injeksi In Line Pada Mesin Diesel

Pompa injeksi tipe inline pada mesin diesel dirancang untuk digunakan pada mesin tetap, kendaraan komersial, serta mesin konstruksi dan pertanian. Pompa ini berfungsi untuk menyuplai bahan bakar bertekanan tinggi ke

Jangan Bingung! Begini Cara Memilih Oli Industri Yang Cocok Untuk Kebutuhanmu

Dalam industri, memilih oli yang tepat sangat penting untuk memastikan mesin dan peralatan bekerja dengan optimal. Oli industri berperan krusial dalam mengurangi gesekan, mencegah keausan, dan memastikan semua komponen mesin

Peran Penting Mesin Industri Bagi Industri Manufaktur

Mesin industri adalah salah satu elemen kunci dalam dunia manufaktur yang berkembang pesat di Indonesia. Jadi, apa sebenarnya mesin industri itu? Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendetail apa

Translate »
Scroll to Top