Sumatera Blackout : Pentingnya Genset Sebagai Cadangan Energi Listrik

Pemadaman listrik total atau blackout di sejumlah wilayah Sumatra yang terjadi sejak Selasa (4/6/2024) hingga Rabu (5/6/2024) menjadi pengingat keras akan pentingnya memiliki sumber energi cadangan. Gangguan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat memicu pemadaman ini, berdampak pada lebih dari 600.000 pelanggan di Sumatra Barat. PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatra Barat masih melakukan investigasi untuk menemukan penyebab utama insiden ini.

Dampak Blackout Suamtera
Dampak Blackout Suamtera

Mengapa Genset Penting?

Pemadaman listrik dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan operasi bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat memiliki genset sebagai cadangan energi listrik:

  1. Menjaga Produktivitas Bisnis Pemadaman listrik dapat menyebabkan kerugian besar bagi bisnis, terutama yang bergantung pada teknologi dan peralatan listrik. Dengan genset, operasi bisnis dapat terus berjalan tanpa gangguan, menghindari kehilangan pendapatan dan menjaga kepuasan pelanggan.
  2. Kenyamanan Rumah Tangga Di rumah, pemadaman listrik bisa sangat mengganggu. Genset memastikan bahwa peralatan penting seperti kulkas, lampu, dan alat komunikasi tetap berfungsi. Ini sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan keluarga selama pemadaman.
  3. Mendukung Kegiatan Vital Di sektor kesehatan, seperti rumah sakit dan klinik, listrik sangat vital. Genset memastikan bahwa peralatan medis yang menyelamatkan nyawa tetap beroperasi, bahkan saat terjadi pemadaman.
  4. Keamanan Listrik padam dapat meningkatkan risiko keamanan, terutama di malam hari. Genset membantu menjaga sistem keamanan rumah dan bisnis tetap aktif, termasuk alarm dan CCTV.

Keunggulan Genset Diesel

Di antara berbagai jenis genset, Baca Juga Rekomendasi Genset Sesuai Kebutuhanmu genset diesel menawarkan beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan populer:

  1. Efisiensi Bahan Bakar Genset diesel dikenal lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan genset berbahan bakar bensin. Hal ini membuatnya lebih ekonomis untuk penggunaan jangka panjang.
  2. Daya Tahan dan Keandalan Mesin diesel cenderung lebih tahan lama dan membutuhkan perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan mesin bensin. Ini menjadikannya pilihan yang lebih andal untuk penggunaan terus-menerus atau dalam kondisi berat.
  3. Kekuatan Output Genset diesel mampu menghasilkan daya yang lebih besar, sehingga ideal untuk keperluan industri dan bisnis yang membutuhkan pasokan listrik tinggi.
  4. Keselamatan Bahan bakar diesel kurang mudah terbakar dibandingkan bensin, sehingga genset diesel dianggap lebih aman untuk digunakan dalam berbagai lingkungan.

Solar Industri Untuk Genset Diesel dari PT SHA SOLO

Dalam menghadapi kebutuhan energi cadangan yang andal, penggunaan bahan bakar berkualitas menjadi sangat penting. PT SHA SOLO, sebagai agen BBM industri resmi Pertamina, menawarkan produk Solar Industri yang sesuai untuk berbagai jenis genset, termasuk genset diesel. Solar Industri dari PT SHA SOLO tidak hanya memastikan efisiensi dan keandalan operasi genset Anda, tetapi juga memberikan ketenangan pikiran dengan kualitas yang terjamin. Dengan layanan yang terpercaya dan produk berkualitas tinggi, PT SHA SOLO siap menjadi mitra energi Anda, memastikan bahwa kebutuhan energi cadangan Anda terpenuhi dengan optimal.

Berita Terbaru

PT SHA SOLO Ikut Serta Dalam Kegiatan Donor Darah yang Diadakan Oleh Bank Arta Graha

PT SHA SOLO turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang diadakan oleh Bank Arta Graha, dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Acara ini berlangsung di kantor cabang Bank Arta

Diesel Hammer: Revolusi Energi Kinetik dalam Pemasangan Tiang Pancang Konstruksi

Diesel hammer merupakan salah satu mesin paling vital dan efisien dalam industri konstruksi, digunakan dalam berbagai proyek seperti pemasangan tiang pancang, pembangunan jembatan, gedung pencakar langit, serta proyek konstruksi besar

Apakah Mesin Diesel Bisa Menggunakan Bensin?

Mesin diesel dan mesin bensin adalah dua jenis mesin yang umum digunakan dalam berbagai kendaraan, masing-masing dengan karakteristik dan bahan bakar yang berbeda. Pertanyaan yang sering muncul di kalangan pemilik

Alat-alat Transportasi Udara, Keunggulan dan Kelemahannya

Transportasi udara telah menjadi tulang punggung mobilitas global, menawarkan manfaat yang tak tertandingi dibandingkan moda transportasi lainnya. Salah satu keunggulan utama transportasi udara adalah keamanannya; dengan teknologi canggih dan prosedur

Perbedaan Mesin Diesel 2 Tak dan 4 Tak: Mana yang Lebih Efisien untuk Kapal

Dalam dunia otomotif, khususnya pada sektor perkapalan, mesin diesel memainkan peran penting dalam menentukan performa dan efisiensi kapal. Terdapat dua jenis utama mesin diesel yang digunakan pada kapal, yaitu mesin

Langkah-Langkah Identifikasi Bahaya untuk Meningkatkan K3 di Perusahaan Anda

Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko, dan Pengendalian Risiko adalah elemen kunci dalam Sistem Manajemen Keselamatan Kerja OHSAS 18001:2007, terutama dalam klausul 4.3.1. Proses Identifikasi Bahaya dilakukan untuk merumuskan rencana penerapan K3

Translate ยป
Scroll to Top