Prospek Kerja Teknik Geologi, Gajinya Gede Lho - PT SHA SOLO

Prospek Kerja Teknik Geologi, Gajinya Gede Lho

Prospek Kerja Teknik Geologi, Gajinya Gede Lho

Teknik geologi adalah cabang ilmu geologi yang berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip geologi dalam berbagai aspek teknik, terutama dalam pemetaan geologi, eksplorasi mineral, pemilihan lokasi untuk infrastruktur konstruksi, pemodelan geologi untuk pengelolaan sumber daya alam, mitigasi bencana alam, dan pekerjaan teknis lainnya. Teknik geologi memadukan pengetahuan geologi dengan teknik rekayasa untuk memahami dan mengatasi tantangan yang berkaitan dengan lingkungan geologi. Para ahli teknik geologi seringkali terlibat dalam studi lapangan, pengambilan sampel, pemodelan geologi, dan analisis data untuk memberikan solusi teknis dalam berbagai proyek rekayasa dan lingkungan.

Teknik geologi menawarkan beragam peluang karier yang menarik. Meskipun biasanya lulusan teknik geologi tertarik dengan pekerjaan di sektor minyak dan gas, ada banyak jenis perusahaan yang cocok untuk mereka.

Sektor minyak dan gas seringkali menjadi pilihan utama karena menawarkan gaji yang tinggi. Namun, hal ini tidak berarti bahwa prospek karier teknik geologi terbatas hanya pada sektor tersebut. Ada banyak bidang dan perusahaan lain yang menawarkan peluang menarik bagi lulusan teknik geologi.

Prospek Kerja Teknik Geologi, Gajinya Gede Lho
Prospek Kerja Teknik Geologi, Gajinya Gede Lho

Berikut adalah beberapa bidang kerja yang bisa dijelajahi oleh lulusan teknik geologi, baik di sektor pertambangan maupun di luar itu:

Bidang Pertambangan, Perminyakan, atau Geoservice

Prospek kerja teknik geologi di bidang pertambangan, perminyakan, dan kebumian selalu menjadi pilihan utama para lulusan. 

Ahli sistem informasi geografis

Jadi, prospek kerja teknik geologi yang satu ini nih, lebih berfokus pada keterampilanmu dalam menggunakan komputer dan berbagai teknologi lainnya.

Nah, nantinya, job description kamu bakal meliputi tugas-tugas yang terkait dengan aplikasi software dan hardware untuk GIS atau sistem informasi geografi.

Misalnya, kamu bakal merancang dan menyiapkan representasi grafis data yang kamu terima. Selain itu, kamu juga akan melakukan analisis data yang terkait dengan peta dan grafik, memodifikasi database, memasukkan data ke dalam database, dan melakukan analisis lebih lanjut terhadap data tersebut.

Interpreter seismik

Nah, pekerjaan sebagai interpreter seismik juga nggak kalah menarik dari peluang karier teknik geologi lainnya, lho!

Di pekerjaan ini, kamu bakal menganalisis data seputar jumlah mineral atau minyak dan gas yang ada di dalam struktur batuan.

Data yang kamu analisis nantinya bakal diproses lebih lanjut untuk mengetahui potensi yang bisa dimanfaatkan di masa depan.

Tapi, buat yang tertarik masuk ke bidang ini, kamu gak cuma butuh keterampilan analisis data aja, tapi juga kemampuan untuk menginterpretasikan model 2D, 3D, dan 4D pemetaan batuan.

Kemampuan berpikir sistematis dan pemahaman matematika juga penting banget, karena kamu bakal ngitung volume batuan buat nentuin konten mineral, minyak, dan gas di dalam tanah.

Teknisi tambang, minyak, dan material


Pekerjaan ini seringkali menjadi pilihan utama para lulusan teknik geologi, dan Geoscience Jobs sering mempromosikannya.

Dalam pekerjaan ini, kamu akan bertugas dalam upaya pencarian, ekstraksi, dan pengolahan minyak bumi dan gas alam.

Selain itu, kamu juga akan terlibat dalam pengembangan material dan teknologi pengolahan yang lebih efisien.

Kemampuan analisis, penelitian, dan berpikir logis yang kamu miliki akan sangat diperlukan dalam menjalankan tugas ini.

Geologi tata lingkungan

Wah, prospek kerja teknik geologi yang satu ini emang bisa jadi impian kamu, nih. Peluang karier keren ini diungkapkan oleh Prospects, loh!

Nantinya, kamu bakal bertanggung jawab dalam melakukan penelitian, penyelidikan, dan pengembangan di bidang air tanah, geologi teknik, dan geologi lingkungan.

Salah satu tugas yang bakal kamu jalankan adalah menyusun kebijakan teknis, prosedur, dan kriteria, serta merancang rencana dan program di bidang air tanah, geologi, dan geologi lingkungan.

Gaji Ahli Geologi


Estimasi gaji seorang ahli geologi bisa bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti tingkat pendidikan, pengalaman kerja, lokasi geografis, dan industri tempat mereka bekerja. Namun, berdasarkan data rata-rata, berikut ini adalah perkiraan gaji untuk ahli geologi:

  1. Fresh Graduate (Lulusan Baru): Di Indonesia, seorang ahli geologi fresh graduate biasanya dapat menghasilkan gaji sekitar Rp 4 juta hingga Rp 8 juta per bulan, tergantung pada perusahaan dan lokasi kerja.
  2. Dengan Pengalaman Kerja Sedang: Ahli geologi dengan pengalaman kerja beberapa tahun biasanya bisa mendapatkan gaji antara Rp 8 juta hingga Rp 15 juta per bulan, tergantung pada tingkat tanggung jawab dan spesialisasi mereka.
  3. Senior Level: Para ahli geologi senior dengan pengalaman yang luas dan mungkin memiliki posisi manajerial bisa menghasilkan gaji lebih dari Rp 15 juta hingga Rp 30 juta per bulan, tergantung pada perusahaan dan sektor industri tempat mereka bekerja.
  4. Konsultan dan Pengusaha: Bagi ahli geologi yang bekerja sebagai konsultan atau memiliki bisnis sendiri, potensi penghasilan mereka bisa lebih tinggi dan sangat bervariasi tergantung pada proyek-proyek yang mereka tangani dan reputasi mereka di industri.

Perlu diingat bahwa estimasi gaji ini dapat berubah dari waktu ke waktu dan dapat sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dan industri di suatu negara. Selain itu, kompetensi teknis dan keterampilan interpersonal juga dapat memengaruhi gaji seorang ahli geologi.

Prospek Kerja Teknik Geologi Di Luar Bidang

Prospek kerja teknik geologi di luar bidang kebumian juga tetap menarik, lho!

Jadi, pekerjaan apa sih yang cocok dan tetap berkaitan dengan kemampuanmu? Nah, ini dia beberapa peluang kerja teknik geologi yang bisa kamu jajaki di luar bidang kebumian:

Dosen/Tenaga Pengajar

Meskipun terlihat kurang glamor dibandingkan dengan pekerjaan lainnya, menjadi dosen atau pengajar itu benar-benar sebuah kehormatan.

Prospek kerja teknik geologi ini sebenarnya masih berkaitan erat dengan bidang studimu.

Namun, untuk berkarier sebagai dosen atau pengajar, kamu membutuhkan setidaknya gelar pendidikan S2 atau S3.

Dalam peran ini, tugas kamu adalah mengembangkan dan menyebarkan pengetahuan, serta memberikan bimbingan kepada mahasiswa atau siswa.

Wirausaha (entrepreneur)

Tentu saja, wirausaha adalah peluang karier yang terbuka bagi siapa pun di era modern seperti sekarang. Semua orang bisa memulai usaha sendiri dengan bantuan media sosial.

Dengan kemampuan analisis, berpikir rasional, dan kemampuan penelitian, seorang lulusan teknik geologi juga bisa sukses menjadi seorang wirausaha.

Mungkin terdengar agak jauh berbeda dari mata kuliah yang telah kamu pelajari, tapi masih ada bidang yang sesuai, seperti menjadi kontraktor.

Quality assurance dan quality control

Prospek kerja teknik geologi lainnya yang menarik untuk dijelajahi adalah bidang QA (Quality Assurance) dan QC (Quality Control).

Pada pandangan awal, pekerjaan ini mungkin terkesan sederhana dan biasa saja. Sebab, tugas utamanya adalah memastikan bahwa produk yang akan dipasarkan sudah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

Tapi sebenarnya, pekerjaan ini membutuhkan lebih dari itu, lho. Kamu perlu memiliki kemampuan berpikir kritis, analisis yang mendalam, keterampilan riset yang kuat, kemampuan komunikasi yang baik, dan juga penguasaan bahasa asing.

Di sini, kamu tidak hanya bertugas memastikan produk yang akan didistribusikan, tetapi juga memantau, menganalisis, meneliti, dan menguji seluruh tahapan produksi produk yang sedang diproduksi atau akan diproduksi.

Menganalisis dan mencatat perkembangan produk secara terperinci juga menjadi salah satu hal penting dalam menjalankan pekerjaan ini.

Berita Terbaru

Pengertian Refinery dalam Industri Perminyakan

Refinery bisa di sebut juga pemurnian atau kilang adalah proses mengubah minyak mentah menjadi berbagai produk siap pakai seperti bensin, solar, dan lain-lain, atau menjadi bahan dasar untuk industri minyak.

Lowongan Supervisor Produksi PT Shabat Warna Gemilang

LOKER SUDAH DI TUTUP JABATAN      : SUPERVISOR PRODUKSI LOKASI         : PT SHABAT WARNA GEMILANG REQUIREMENTS: Pria/Wanita Usia 25 – 45 Tahun Pendidikan minimal SMA/sederajat Memiliki pengalaman diindustri percetakan minimal

Lowongan Supervisor Finance & Accounting PT Shabat Warna Gemilang

LOKER SUDAH DI TUTUP JABATAN      : Supervisor Finance & Accounting LOKASI         : PT SHABAT WARNA GEMILANG REQUIREMENTS: Pria/Wanita Usia maks. 40 tahun Pendidikan minimal S1 Akuntansi Pengalaman kerja minimal 3

Loker Finance Accounting – Solo Abadi Teknik

Loker Mekanik di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, pemimpin inovasi dalam solusi teknik, saat ini membuka peluang berharga untuk individu yang berdedikasi dan memiliki keahlian di bidang mekanik. Kami mencari

Loker Mekanik – Solo Abadi Teknik

Loker Mekanik di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, pemimpin inovasi dalam solusi teknik, saat ini membuka peluang berharga untuk individu yang berdedikasi dan memiliki keahlian di bidang mekanik. Kami mencari

Loker Service Advisor – Solo Abadi Teknik

Loker Service Advisor di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, perusahaan terdepan di industri teknik, membuka kesempatan emas bagi Anda yang memiliki passion dalam layanan pelanggan dan teknik untuk mengisi

Translate »
Scroll to Top