Perbandingan Antara Solar Industri dan Solar Konvensional: Faktor Biaya dan Subsidi Pemerintah - PT SHA SOLO

Perbandingan Antara Solar Industri dan Solar Konvensional: Faktor Biaya dan Subsidi Pemerintah

Kawasan Industri - Sumber ARISTAG

Solar industri adalah jenis bahan bakar minyak yang digunakan dalam berbagai industri untuk menggerakkan mesin dan peralatan berat. Bahan bakar ini sering disebut juga sebagai solar atau diesel, dan merupakan varian dari bahan bakar diesel yang dijual dalam jumlah besar untuk keperluan industri, konstruksi, pertambangan, transportasi, dan pembangkit listrik.

Kawasan Industri - Sumber ARISTAG
Kawasan Industri – Sumber ARISTAG

Pengertian Solar Industri

Solar industri adalah jenis bahan bakar minyak yang digunakan dalam berbagai industri untuk menggerakkan mesin dan peralatan berat. Bahan bakar ini sering disebut juga sebagai solar atau diesel, dan merupakan varian dari bahan bakar diesel yang dijual dalam jumlah besar untuk keperluan industri, konstruksi, pertambangan, transportasi, dan pembangkit listrik. Solar industri memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan mesin dan peralatan industri, dan biasanya dijual dalam kemasan besar seperti tangki atau jeriken untuk penggunaan yang intensif. Penggunaan solar industri umumnya memberikan tenaga yang kuat dan efisien, serta cocok untuk mesin-mesin berat yang memerlukan daya tahan dan kinerja yang handal.

Solar industri cenderung lebih mahal daripada solar untuk kendaraan karena tidak mendapatkan subsidi langsung dari pemerintah. Subsidi biasanya diberikan untuk solar yang digunakan dalam transportasi umum atau kendaraan pribadi sebagai insentif untuk mengurangi biaya penggunaan bahan bakar dan mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

Namun, meskipun solar industri lebih mahal, banyak perusahaan dan industri yang tetap memilih menggunakan solar industri karena keandalannya dalam menyediakan tenaga yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin dan peralatan berat. Selain itu, solar industri juga dianggap lebih cocok untuk lingkungan kerja industri karena kandungan sulfur yang lebih rendah, yang dapat mengurangi emisi gas buang dan dampak lingkungan negatif lainnya. Meskipun mahal, biaya tambahan untuk menggunakan solar industri sering dianggap sebagai investasi yang bermanfaat dalam jangka panjang bagi efisiensi dan keberlanjutan operasional perusahaan.

Jenis-jenis Solar Industri

  1. Solar Jenis CPO (Crude Palm Oil): Solar yang diproduksi dari minyak kelapa sawit. Ini sering digunakan dalam industri pembangkit listrik dan produksi biodiesel.
  2. Solar Jenis HSD (High Speed Diesel): Solar yang digunakan dalam mesin diesel berkecepatan tinggi, seperti truk, kapal, dan mesin diesel berat.
  3. Solar Jenis MFO (Marine Fuel Oil): Solar yang digunakan dalam industri perkapalan untuk penggerak kapal dan mesin di pelabuhan.
  4. Solar Jenis LSFO (Low Sulphur Fuel Oil): Solar dengan kandungan sulfur rendah yang digunakan untuk memenuhi peraturan lingkungan yang ketat, terutama di industri perkapalan.
  5. Solar Jenis LDO (Light Diesel Oil): Solar ringan yang digunakan dalam mesin diesel kecil, generator listrik, dan pemanas industri.

Sektor Industri Yang Menggunakan Solar Industri

Berikut adalah beberapa sektor industri atau jenis industri yang umumnya menggunakan bahan bakar solar:

  1. Transportasi: Termasuk truk, bus, kapal laut, kapal penumpang, kapal pengangkut barang, lokomotif, dan pesawat terbang (mesin turboprop).
  2. Konstruksi dan Pertambangan: Digunakan dalam peralatan berat seperti alat penggali (excavator), alat pemadat (compactor), alat angkut (haul trucks), alat pengeboran (drilling rigs), dan alat berat lainnya.
  3. Pembangkit Listrik: Digunakan dalam pembangkit listrik yang menggunakan mesin diesel atau turbin gas untuk menghasilkan listrik.
  4. Industri Perkapalan: Solar digunakan sebagai bahan bakar untuk kapal-kapal yang beroperasi di laut, termasuk kapal tanker, kapal kargo, kapal penumpang, dan kapal feri.
  5. Pertanian: Solar digunakan dalam mesin-mesin pertanian seperti traktor, generator listrik, pompa air, dan mesin-mesin lainnya yang digunakan di ladang atau kebun.
  6. Konstruksi Jalan dan Infrastruktur: Solar digunakan dalam peralatan seperti alat pemadat aspal (road roller), alat penghancur batu (stone crusher), alat penggiling beton (concrete grinder), dan alat-alat lainnya yang digunakan dalam pembangunan jalan dan infrastruktur.
  7. Industri Manufaktur: Solar digunakan dalam berbagai mesin dan peralatan manufaktur, termasuk generator listrik cadangan, mesin penghasil tenaga (power generators), dan peralatan berat di pabrik-pabrik.
  8. Industri Kimia: Solar digunakan dalam proses pemanasan, pengeringan, dan pembangkit listrik di berbagai fasilitas produksi kimia.

Itulah beberapa sektor atau jenis industri yang menggunakan bahan bakar solar dalam operasional mereka.

Agen BBM Industri Resmi Pertamina

PT SHA SOLO merupakan agen resmi solar industri yang ditunjuk oleh Pertamina, perusahaan minyak dan gas terbesar di Indonesia. Sebagai agen resmi, PT SHA SOLO menyediakan pasokan solar industri berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor industri di seluruh Indonesia.

Jelang Pemilu 2024, PT SHA Solo Pastikan Pasokan BBM MOR I-VIII Terpenuhi
Jelang Pemilu 2024, PT SHA Solo Pastikan Pasokan BBM MOR I-VIII Terpenuhi

Dengan menjadi agen resmi solar industri Pertamina, PT SHA SOLO menjamin pasokan solar berkualitas tinggi dan terpercaya kepada pelanggan industri. Pelanggan dapat mengandalkan PT SHA SOLO untuk memenuhi kebutuhan solar industri mereka secara tepat waktu dan dengan standar kualitas yang tinggi.

Selain menyediakan solar industri, PT SHA SOLO juga memberikan layanan yang profesional dan responsif kepada pelanggan. Tim yang berpengalaman dan terlatih siap membantu pelanggan dalam memilih produk solar yang sesuai dengan kebutuhan industri mereka dan memberikan solusi terbaik untuk mendukung kelancaran operasional.

Butuh Solar Industri ?

Hubungi Kami Sekarang !

Berita Terbaru

Pengertian Refinery dalam Industri Perminyakan

Refinery bisa di sebut juga pemurnian atau kilang adalah proses mengubah minyak mentah menjadi berbagai produk siap pakai seperti bensin, solar, dan lain-lain, atau menjadi bahan dasar untuk industri minyak.

Lowongan Supervisor Produksi PT Shabat Warna Gemilang

LOKER SUDAH DI TUTUP JABATAN      : SUPERVISOR PRODUKSI LOKASI         : PT SHABAT WARNA GEMILANG REQUIREMENTS: Pria/Wanita Usia 25 – 45 Tahun Pendidikan minimal SMA/sederajat Memiliki pengalaman diindustri percetakan minimal

Lowongan Supervisor Finance & Accounting PT Shabat Warna Gemilang

LOKER SUDAH DI TUTUP JABATAN      : Supervisor Finance & Accounting LOKASI         : PT SHABAT WARNA GEMILANG REQUIREMENTS: Pria/Wanita Usia maks. 40 tahun Pendidikan minimal S1 Akuntansi Pengalaman kerja minimal 3

Loker Finance Accounting – Solo Abadi Teknik

Loker Mekanik di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, pemimpin inovasi dalam solusi teknik, saat ini membuka peluang berharga untuk individu yang berdedikasi dan memiliki keahlian di bidang mekanik. Kami mencari

Loker Mekanik – Solo Abadi Teknik

Loker Mekanik di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, pemimpin inovasi dalam solusi teknik, saat ini membuka peluang berharga untuk individu yang berdedikasi dan memiliki keahlian di bidang mekanik. Kami mencari

Loker Service Advisor – Solo Abadi Teknik

Loker Service Advisor di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, perusahaan terdepan di industri teknik, membuka kesempatan emas bagi Anda yang memiliki passion dalam layanan pelanggan dan teknik untuk mengisi

Translate »
Scroll to Top