Motor Grader : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Motor Grader

Motor grader atau sering disebut grader adalah alat berat yang digunakan untuk meratakan tanah dengan menggunakan pisau berukuran panjang yang terpasang di bagian bawah unit.

Motor Grader
Motor Grader (sumber: cat.com)

Pengertian Motor Grader

Motor grader, atau sering disebut grader, adalah alat berat yang digunakan untuk meratakan tanah dengan menggunakan pisau berukuran panjang yang terpasang di bagian bawah unit. Berbeda dengan excavator atau bulldozer yang menggunakan roda rantai, grader menggunakan roda karet untuk mobilisasinya.

Ciri khas dari motor grader adalah memiliki tiga poros sumbu, dengan taxi dan mesin yang diletakkan di atas poros belakang kendaraan, serta mata pisau yang terletak di tengahnya. Motor grader umumnya digunakan dalam pemeliharaan jalan raya dan jalan tak beraspal untuk menyiapkan bagian dasar sehingga menciptakan permukaan datar yang lebar untuk pengecoran aspal dan keperluan lainnya.

Fungsi Motor Grader

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, motor grader, juga dikenal sebagai grader, adalah jenis alat berat yang secara khusus dirancang untuk pekerjaan pemadatan dan perataan permukaan tanah. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari motor grader:

  1. Perataan Permukaan: Fungsi utama motor grader adalah melakukan perataan permukaan tanah dengan presisi tinggi. Alat ini mampu menghilangkan ketidakrataan, mengisi lubang, dan meratakan permukaan tanah dengan menggunakan bilah yang terletak di bagian tengahnya. Motor grader dapat meningkatkan tingkat akurasi dan kualitas permukaan tanah untuk berbagai proyek konstruksi seperti pembangunan jalan, landasan pacu, dan area parkir.
  2. Pemadatan Tanah: Selain perataan, motor grader juga dapat digunakan untuk pemadatan tanah. Motor grader dilengkapi dengan roda penggilas atau pisau penggilas di bagian belakangnya yang dapat digunakan untuk memadatkan tanah. Proses pemadatan ini membantu menciptakan permukaan yang lebih padat, stabil, dan kokoh untuk berbagai proyek konstruksi.
  3. Pembersihan dan Pemotongan Material: Motor grader juga memiliki fungsi untuk membersihkan permukaan tanah dari material yang tidak diinginkan, seperti bebatuan, puing, dan limbah konstruksi lainnya. Alat ini juga dapat melakukan pemotongan material dengan presisi, memungkinkan pengaturan ketinggian tanah yang tepat sesuai dengan kebutuhan proyek.
  4. Pembentukan Drainase: Motor grader dapat digunakan untuk membentuk sistem drainase yang efektif dalam proyek konstruksi. Alat ini mampu meratakan permukaan tanah dengan kemiringan yang diinginkan, sehingga air dapat mengalir dengan baik dan menghindari terjadinya genangan atau erosi yang dapat merusak struktur konstruksi.
  5. Pembuatan Saluran Air dan Parit: Fungsi lain dari motor grader adalah pembuatan saluran air dan parit. Dengan kemampuan blade yang dapat digerakkan secara fleksibel, motor grader dapat membentuk saluran air yang optimal dan parit untuk mengatur aliran air di area konstruksi.

Cara Kerja Motor Grader

Penjelasan mengenai motor grader bisa memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana alat ini bekerja. Motor grader bergerak maju dan mundur berulang kali untuk meratakan tanah hingga mencapai tingkat kehalusan yang diinginkan. Alat ini menggunakan pisau besar di bagian bawahnya untuk mendorong dan meratakan permukaan tanah.

Saat motor grader bergerak maju, pisau akan diturunkan untuk menyentuh tanah, dan sebaliknya saat bergerak mundur. Pengendalian pisau besar tersebut menggunakan sistem hidrolik yang mengirimkan tenaga dari pompa ke pisau, memungkinkannya untuk bergerak naik dan turun sesuai kebutuhan.

Dengan pemahaman ini, diharapkan kamu dapat memiliki gambaran yang lebih jelas tentang cara kerja motor grader dan manfaatnya dalam proyek konstruksi dan pemeliharaan infrastruktur.

Memilih Bahan Bakar Yang Cocok Untuk Motor Grade

Motor grader umumnya menggunakan bahan bakar diesel sebagai sumber energi untuk mesinnya. Mesin diesel dipilih karena memiliki keunggulan dalam hal efisiensi bahan bakar dan torsi yang tinggi, sehingga cocok digunakan untuk aplikasi berat seperti pengoperasian motor grader. Bahan bakar diesel juga lebih tahan terhadap beban kerja yang berat dan lebih ekonomis dalam jangka panjang. Selain itu, mesin diesel cenderung lebih tahan terhadap kondisi lingkungan yang keras dan lebih mudah untuk dipelihara. Oleh karena itu, penggunaan bahan bakar solar umumnya menjadi pilihan utama untuk motor grader.

PT SHA SOLO melayani BBM untuk motor grader dan alat berat lainya, Cek Produk BBM PT SHA SOLO.

Update Harga Solar Industri Terbaru

Berita Terbaru

HR Specialist

JABATAN      : HR SPECIALIST LOKASI         : HEAD OFFICE PT SHA SOLO REQUIREMENTS: Pendidikan S1 Diutamakan Jurusan Psikologi Atau Hukum (jurusan Lain Dipersilahkan Melamar) Berpengalaman Di Bidangnya Min. 2

Cara Menghitung Pemakaian Solar Pada Mesin Diesel

Dalam dunia industri, pemakaian solar pada mesin diesel menjadi elemen kunci yang mempengaruhi efisiensi operasional dan biaya produksi secara keseluruhan. Menghitung dengan cermat konsumsi solar dalam mesin diesel bukan hanya

Pelabuhan Tanjung Perak : Sejarah dan Fasilitas

Pelabuhan Tanjung Perak terletak di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan utama di Indonesia dan merupakan pusat perdagangan penting di wilayah Jawa Timur. Berdasarkan informasi yang

Pelabuhan Tanjung Priok : Sejarah dan Fasilitas

Pelabuhan Tanjung Priok, yang terletak di Jakarta, Indonesia, dibangun pada tahun 1883 oleh pemerintah kolonial Belanda. Pembangunan pelabuhan ini dimulai pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Jenderal Johannes van

Update Harga BBM Solar Industri HSD B35 Terbaru

Harga solar industri b35 hari ini, Penawaran harga Solar Industri HSD B35 Untuk Tanggal 15 s/d 29 Februari 2024 dengan harga Rp. 21.450 untuk wilayah 1, harga Rp. 21.450 untuk

Update Harga BBM Industri HSFO Terbaru

Penawaran harga Solar Industri HSFO Untuk Tanggal 15 s/d 29 Februari 2024 dengan harga Rp. 15.550 untuk wilayah 1, harga Rp. 15.650 untuk wilayah 2, harga Rp. 15.750 untuk wilayah

Translate »