Mengungkap Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel(PLTD) di Era Modern - PT SHA SOLO

Mengungkap Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel(PLTD) di Era Modern

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

PLTD adalah singkatan dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel. Sesuai namanya, pembangkit listrik jenis ini memanfaatkan kerja mesin diesel sebagai prime mover alias penggerak awalnya.Lebih jelasnya, mesin diesel yang merupakan penggerak awal berfungsi untuk menghasilkan energi mekanis. Energi yang dihasilkan tersebut nantinya berguna untuk memutar rotor generator.Adapun bahan bakar mesin diesel dikenal sebagai solar, bahan bakar cair dengan titik didih 150–380 derajat Celsius yang terbentuk dari molekul hidrokarbon kompleks. 

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel
Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

Apa Itu PLTD?

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana pembangkit listrik menghasilkan energi untuk rumah, sekolah, atau kantor Anda? Salah satu jawabannya terletak pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Teknologi ini mengandalkan kekuatan mesin diesel untuk menghasilkan energi listrik yang kita gunakan sehari-hari.

PLTD beroperasi dengan menggunakan mesin diesel sebagai penggerak utama atau ‘prime mover’. Fungsinya cukup sederhana tapi penting: mesin diesel mengonversi bahan bakar menjadi energi mekanis. Energi mekanis ini kemudian digunakan untuk memutar rotor di dalam generator, proses inilah yang menghasilkan listrik.

Solar, atau yang dikenal sebagai bahan bakar mesin diesel, memainkan peran kunci dalam proses ini. Bahan bakar ini memiliki titik didih antara 150–380 derajat Celsius dan terbuat dari molekul hidrokarbon yang kompleks. Efisiensi dan ketersediaan solar membuat PLTD menjadi pilihan yang populer untuk memenuhi kebutuhan energi di berbagai daerah, khususnya di lokasi yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik pusat.

Menggunakan teknologi PLTD menawarkan solusi praktis dan efisien, terutama di area terpencil atau sebagai cadangan saat terjadi pemadaman listrik. Dengan perkembangan teknologi terkini, PLTD kini lebih ramah lingkungan, efisien, dan menjadi tulang punggung penting dalam sistem penyediaan energi di seluruh dunia.

Manfaat PLTD dalam Kehidupan

Tujuan utama dibangunnya sebuah PLTD adalah guna adanya sebuah power plant atau pembangkit listrik. Pada umumnya, PLTD dibangun untuk memenuhi pasokan listrik dalam jumlah beban yang relatif kecil, seperti listrik untuk pedesaan atau sebuah pabrik.

Karena memasok listrik dalam jumlah beban kecil, PLTD pun dimanfaatkan sebagai stand-by plant untuk memenuhi cadangan energi dalam kondisi darurat.

Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam jumlah beban yang relatif kecil, terutama di daerah-daerah terpencil atau pedesaan, serta untuk mendukung kebutuhan listrik pabrik-pabrik.

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dapat digunakan oleh berbagai pihak, termasuk:

  1. Daerah terpencil: Pembangkit listrik diesel dapat menjadi solusi untuk daerah terpencil yang belum terjangkau oleh jaringan listrik utama. Mereka dapat menyediakan pasokan listrik yang andal untuk masyarakat di daerah terpencil.
  2. Pedesaan: Di pedesaan, pembangkit listrik diesel dapat menjadi sumber listrik cadangan atau bahkan utama untuk menyediakan listrik bagi rumah tangga, pertanian, dan kebutuhan komersial lainnya.
  3. Industri: Banyak industri, terutama yang berlokasi di daerah terpencil atau yang membutuhkan pasokan listrik tambahan, menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel sebagai sumber daya cadangan atau sebagai sumber utama listrik.
  4. Bisnis kecil dan menengah: Usaha kecil dan menengah yang memerlukan pasokan listrik dapat menggunakan pembangkit listrik diesel untuk memastikan operasional mereka tetap berjalan lancar, terutama dalam kondisi darurat atau pemadaman listrik.
  5. Pemerintah dan organisasi nirlaba: Pemerintah daerah atau organisasi nirlaba juga dapat menggunakan pembangkit listrik diesel untuk menyediakan listrik dalam keadaan darurat atau untuk menyokong program-program pembangunan di daerah terpencil.

Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

  1. Bahan bakar dari tangki penyimpanan dialirkan ke penyimpanan sementara setelah melalui proses penyaringan. Selanjutnya, bahan bakar disimpan dalam tangki penyimpanan harian (daily tank). Untuk bahan bakar minyak (BBM), bahan bakar dari daily tank dialirkan ke nozzle untuk dikabutkan, meningkatkan suhu bahan bakar. Sedangkan untuk bahan bakar gas (BBG), bahan bakar dari daily tank dialirkan ke conversion kit untuk menyesuaikan tekanan gas sebelum digunakan. Dengan demikian, proses penyimpanan dan penyaluran bahan bakar di PLTD diatur dengan cermat untuk memastikan efisiensi operasi pembangkit listrik.
  2. Menggunakan kompresor udara bersih dimasukan ke dalam tangki udara start melalui saluran masuk (intake manifold) kemudian dialirkan ke turbocharger. Di dalam turbocharger tekanan dan temperatur udara dinaikan terlebih dahulu. Udara yang dialirkan pada umumnya sebesar 500 psi dengan suhu mencapai ±600°C
  3. Udara yang bertekanan dan bertemperatur tinggi dimasukan ke dalam ruang bakar (combustion chamber).
  4. Bahan bakar dari convertion kit (untuk BBG) atau nozzel (untuk BBM) kemudian diinjeksikan ke dalam ruang bakar (combustion chamber).
  5. Mesin diesel beroperasi dengan prinsip penyalaan sendiri yang disebabkan oleh udara murni yang dikompresi di dalam silinder pada tekanan yang tinggi, berkisar antara 35 hingga 50 atm. Proses kompresi ini meningkatkan suhu di dalam silinder. Pada saat tekanan dan suhu mencapai level tertentu, bahan bakar disemprotkan ke dalam silinder yang sudah mencapai suhu dan tekanan yang cukup tinggi, melebihi titik nyala bahan bakar. Akibatnya, bahan bakar akan menyala secara otomatis, menyebabkan terjadinya ledakan yang memicu proses pembakaran dalam mesin diesel.
  6. Ledakan pada ruang bakar tersebut menggerak torak/piston yang kemudian pada poros engkol dirubah menjadi energi mekanis. Tekanan gas hasil pembakaran bahan bakar dan udara akan mendorong torak yang dihubungkan dengan poros engkol menggunakan batang torak, sehingga torak dapat bergerak bolak-balik (reciprocating). Gerak bolak-balik torak akan diubah menjadi gerak rotasi oleh poros engkol (crank shaft). Dan sebaliknya gerak rotasi poros engkol juga diubah menjadi gerak bolak-balik torak pada langkah kompresi.
  7. Poros engkol mesin diesel digunakan untuk menggerakan poros rotor generator. Pada generator energi mekanis ini dirubah menjadi energi listrik sehingga terjadi gaya gerak listrik
  8. Tegangan yang dihasilkan oleh generator ditingkatkan menggunakan trafo step up agar energi listrik yang dihasilkan mencapai beban dengan kebutuhan tegangan yang sesuai. Prinsip kerja trafo didasarkan pada dua hukum utama, yaitu hukum Ampere dan hukum Faraday. Hukum Ampere menyatakan bahwa arus listrik dapat menciptakan medan magnet, sedangkan hukum Faraday menyatakan bahwa medan magnet yang berubah dapat menghasilkan arus listrik.
  9. Ketika arus bolak-balik mengalir melalui salah satu sisi kumparan pada trafo, medan magnet yang berubah-ubah dihasilkan di sekitar kumparan, menyebabkan terjadinya induksi. Kumparan sekunder, yang berada pada inti yang sama dengan kumparan primer, akan menerima medan magnet yang berubah-ubah dari kumparan primer. Sebagai akibatnya, terjadi induksi di kumparan sekunder juga, yang menghasilkan perbedaan potensial antara dua ujung kumparan tersebut.
  10. Menggunakan saluran transmisi energi listrik dihasilkan/dikirim ke beban. Di sisi beban tegangan listrik diturunkan kembali menggunakan trafo step down (jumlah lilitan sisi primer lebih banyak dari jumlah lilitan sisi sekunder).

Di era modern ini, PLTD masih memiliki potensi yang signifikan terutama dalam memenuhi kebutuhan listrik di daerah terpencil atau pedesaan yang sulit dijangkau oleh jaringan listrik utama. Selain itu, PLTD juga dapat digunakan sebagai cadangan energi atau sebagai sumber listrik tambahan di daerah perkotaan yang membutuhkan daya tambahan saat puncak beban. Dengan kemajuan teknologi, PLTD juga dapat dikombinasikan dengan sistem penyimpanan energi terbarukan seperti baterai untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan operasinya. Selain itu, PLTD dapat menjadi solusi sementara dalam memperluas jangkauan listrik di daerah yang belum terjangkau oleh jaringan listrik utama, sambil menunggu pengembangan infrastruktur listrik yang lebih luas dan berkelanjutan.

Berita Terbaru

Pengertian Refinery dalam Industri Perminyakan

Refinery bisa di sebut juga pemurnian atau kilang adalah proses mengubah minyak mentah menjadi berbagai produk siap pakai seperti bensin, solar, dan lain-lain, atau menjadi bahan dasar untuk industri minyak.

Lowongan Supervisor Produksi PT Shabat Warna Gemilang

LOKER SUDAH DI TUTUP JABATAN      : SUPERVISOR PRODUKSI LOKASI         : PT SHABAT WARNA GEMILANG REQUIREMENTS: Pria/Wanita Usia 25 – 45 Tahun Pendidikan minimal SMA/sederajat Memiliki pengalaman diindustri percetakan minimal

Lowongan Supervisor Finance & Accounting PT Shabat Warna Gemilang

LOKER SUDAH DI TUTUP JABATAN      : Supervisor Finance & Accounting LOKASI         : PT SHABAT WARNA GEMILANG REQUIREMENTS: Pria/Wanita Usia maks. 40 tahun Pendidikan minimal S1 Akuntansi Pengalaman kerja minimal 3

Loker Finance Accounting – Solo Abadi Teknik

Loker Mekanik di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, pemimpin inovasi dalam solusi teknik, saat ini membuka peluang berharga untuk individu yang berdedikasi dan memiliki keahlian di bidang mekanik. Kami mencari

Loker Mekanik – Solo Abadi Teknik

Loker Mekanik di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, pemimpin inovasi dalam solusi teknik, saat ini membuka peluang berharga untuk individu yang berdedikasi dan memiliki keahlian di bidang mekanik. Kami mencari

Loker Service Advisor – Solo Abadi Teknik

Loker Service Advisor di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, perusahaan terdepan di industri teknik, membuka kesempatan emas bagi Anda yang memiliki passion dalam layanan pelanggan dan teknik untuk mengisi

Translate »
Scroll to Top