Mengenal Fire Tube Boiler

Fire tube steam boiler

Boiler Fire Tube adalah bejana tertutup di mana panas dari proses pembakaran dialirkan ke dalam air, membentuk air panas atau uap. Uap atau air panas pada tekanan tertentu kemudian digunakan untuk mentransfer panas ke suatu proses tertentu. Sistem boiler terdiri dari tiga bagian utama: sistem air umpan, sistem steam, dan sistem bahan bakar.

Sistem air umpan menyediakan air secara otomatis sesuai kebutuhan untuk boiler. Berbagai kran disediakan untuk tujuan perawatan dan perbaikan. Sistem steam mengumpulkan dan mengontrol produksi uap dalam boiler, yang kemudian dialirkan melalui sistem pemipaan menuju titik pengguna. Dalam keseluruhan sistem, tekanan uap diatur menggunakan kran dan dipantau dengan alat pemantau tekanan. Sistem bahan bakar mencakup semua peralatan yang digunakan untuk menyediakan bahan bakar yang diperlukan untuk menghasilkan panas.

Perbedaan Boiler Water Tube dan Fire Tube
Perbedaan Boiler Water Tube dan Fire Tube

Fire Tube Boiler, juga dikenal sebagai boiler Shell, merujuk pada boiler di mana semua permukaan yang berkontribusi terhadap perpindahan panas tertutup di dalam shell yang terbuat dari baja. Biasanya disebut juga sebagai boiler tabung Asap, dalam sistem boiler ini, gas buang panas yang dihasilkan dari reaksi pembakaran melewati tabung-tabung boiler. Tabung-tabung ini dikelilingi oleh air yang perlu dipanaskan, dan panas ditransfer ke air melalui gas panas yang dihasilkan oleh pembakar.

Dalam boiler firetube, gas pembakaran mengalir di dalam tabung boiler, mentransfer panas ke air di sekitar shell. Proses ini mengubah air menjadi uap untuk digunakan dalam berbagai aplikasi proses. Salah satu jenis boiler firetube yang paling umum digunakan dalam industri adalah boiler laut Scotch.

Fire tube hot water boiler
Fire tube hot water boiler

Keterangan Gambar 1. Fire tube hot water boiler

  1. Turning chamber
  2. Flue gas collection chamber
  3. Open furnace
  4. Fire tube
  5. Burner seat
  6. Fire tubes
  7. Manhole
  8. Hatch
  9. Cleaning hatch
  10. Steam outlet
  11. Water inlet
  12. Flue gas out
  13. Blow-out hatch
  14. Outlet and circulation
  15. Feet
  16. Insulation

Boiler fire tube umumnya dilengkapi dengan tabung berdiameter sekitar 5 cm atau lebih besar. Tabung-tabung ini biasanya lurus dan relatif singkat, memastikan bahwa gas panas hasil pembakaran mengalami penurunan tekanan yang cukup rendah saat melewati mereka. Jalur gas buang mengalir dari pembakar atau burner, melalui salah satu bilik, menuju ujung bilik lainnya. Di sana, gas buang berputar ke arah sebaliknya dan kembali melalui tabung api sebelum akhirnya melanjutkan perjalanannya ke cerobong.

Fire tube steam boiler
Fire tube steam boiler

Keterangan Gambar 2. Fire tube steam boiler

  1. Turning chamber
  2. Flue gas collection
    chamber
  3. Open furnace
  4. Flame tube
  5. Burner seat
  6. Manhole
  7. Fire tubes
  8. Water space
  9. Steam space
  10. Outlet and circulation
  11. Flue gas out
  12. Blow-out hatch
  13. Main hatch
  14. Cleaning hatch
  15. Main steam outlet
  16. Level control assembly
  17. Feedwater inlet
  18. Utility steam outlet
  19. Safety valve assembly
  20. Feet
  21. Inslulation

Boiler fire tube memiliki kapasitas penyimpanan air yang mencukupi, memungkinkan akumulasi energi kalor yang signifikan. Hal ini memudahkan untuk menanggung fluktuasi beban, di mana jumlah besar uap atau air panas dibutuhkan dalam waktu yang relatif singkat, sering terjadi dalam berbagai aplikasi proses. Boiler fire tube dapat bertahan dalam kondisi beban yang bervariasi dan terus berfungsi secara kompeten. Kapasitas penyimpanan yang besar juga memungkinkan boiler untuk menanggulangi beban yang bervariasi tanpa mengalami penurunan performa yang signifikan.

Keunggulan lainnya adalah ketahanan boiler fire tube terhadap penyalahgunaan dan kurangnya perhatian, sementara tetap beroperasi pada tingkat yang memuaskan. Dengan perawatan dan pengelolaan air yang konsisten, boiler ini dapat memiliki masa pakai yang panjang, mencapai lebih dari 25 tahun. Bahkan, beberapa boiler fire tube yang lebih tua dari 75 tahun masih dapat beroperasi dengan baik. Perawatan yang tepat dan pemantauan kualitas air sangat penting untuk memastikan masa pakai yang optimal.

Saat ini, boiler fire tube banyak digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk pemanasan distrik, industri, dan pembangkit listrik skala kecil, terutama pada sistem berbahan bakar biofuel. Meskipun tidak lagi umum digunakan dalam pembangkit listrik besar karena batasan tekanan uapnya, boiler fire tube masih menjadi pilihan yang handal untuk berbagai kebutuhan pemanasan dan penghasilan uap. Efisiensi termal boiler fire tube dapat mencapai sekitar 70 persen, menjadikannya pilihan yang efisien untuk sejumlah aplikasi industri.

Aplikasi Utama Firetube Boiler :

  • Pengeringan Bahan Baku
  • Pembersih nitralisir bakteri
  • Londry setrika sekala besar
  • Untuk pengoperasian lokomotif uap
  • Di pabrik kecil dan proses industri
  • Untuk sistem pemanas rumah dll.

Dalam dunia industri yang kompetitif, kebutuhan akan bahan bakar berkualitas menjadi sangat krusial. PT SHA SOLO, sebagai agen distributor resmi Pertamina, menawarkan solusi melalui Pertamina Dex. Dengan jaminan kualitas, pasokan yang stabil, dan harga yang kompetitif, PT SHA SOLO menjadi pilihan utama bagi industri yang menginginkan yang terbaik untuk operasional mereka. Bagi industri atau perusahaan yang memerlukan pasokan Pertamina Dex, PT SHA SOLO siap menjadi mitra terpercaya. Cek Harga BBM Terbaru.

Update Harga Solar Industri Terbaru

Berita Terbaru

Pengelolaan Bahan Tambang Berdasarkan Pemanfaatan dan Kegunaannya

Pengelolaan bahan tambang berdasarkan pemanfaatan dan kegunaannya merujuk pada pendekatan yang mempertimbangkan cara terbaik untuk mengeksploitasi dan mengelola sumber daya tambang dengan memperhatikan tujuan atau keperluan spesifik dari bahan tambang

Excavator: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Excavator adalah jenis alat berat yang digunakan dalam konstruksi dan proyek-proyek rekayasa sipil. Alat ini memiliki struktur yang kuat dan dilengkapi dengan lengan, boom, dan bucket (atau cangkul) yang dapat

Perbandingan Antara Solar Industri dan Solar Konvensional: Faktor Biaya dan Subsidi Pemerintah

Solar industri adalah jenis bahan bakar minyak yang digunakan dalam berbagai industri untuk menggerakkan mesin dan peralatan berat. Bahan bakar ini sering disebut juga sebagai solar atau diesel, dan merupakan

Pelabuhan Tanjung Perak : Sejarah dan Fasilitas

Pelabuhan Tanjung Perak terletak di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan utama di Indonesia dan merupakan pusat perdagangan penting di wilayah Jawa Timur. Berdasarkan informasi yang

Memahami Dua Metode Pengiriman: Door to Door vs Port to Port

Memahami Dua Metode Pengiriman: Door to Door vs Port to Port - Dalam dunia logistik dan transportasi, pemilihan metode pengiriman yang tepat adalah kunci untuk efisiensi, biaya, dan kepuasan pelanggan.

Cara Menghitung Pemakaian Solar Pada Mesin Diesel

Dalam dunia industri, pemakaian solar pada mesin diesel menjadi elemen kunci yang mempengaruhi efisiensi operasional dan biaya produksi secara keseluruhan. Menghitung dengan cermat konsumsi solar dalam mesin diesel bukan hanya

Translate »