Lebih Jelas Tentang RON (Research Octane Number) pada BBM

Pengertian RON (Research Octane Number)

RON (Research Octane Number) adalah sebuah indeks oktan yang digunakan untuk menilai kualitas bahan bakar kendaraan, khususnya bahan bakar bensin. RON mengukur kemampuan bahan bakar untuk mengatasi tekanan dan pemanasan dalam mesin tanpa mengalami detak api yang tidak terkendali atau disebut knocking.

Dalam ranah bahan bakar untuk kendaraan, RON (Research Octane Number) memiliki peran signifikan dalam menentukan performa dan efisiensi mesin.

Bagi konsumen, pemahaman terhadap nilai ini menjadi krusial untuk membuat keputusan yang tepat ketika mengisi bahan bakar di pompa.

Pengertian RON (Research Octane Number)
Pengertian RON (Research Octane Number)

Artikel ini akan mengulas konsep RON dan menyelami lebih dalam mengenai jenis-jenis bahan bakar populer seperti Pertalite, Pertamax, dan Shell Super.  Mari kita simak penjelasan berikut!

Pengertian RON

RON adalah singkatan dari Research Octane Number, yang merupakan indikator kualitas bahan bakar untuk mesin kendaraan. Angka RON menentukan kemampuan bahan bakar untuk mengatasi tekanan dan panas selama proses pembakaran di dalam mesin.

Semakin tinggi nilai RON, semakin baik bahan bakar dapat menahan tekanan dan panas, yang pada gilirannya dapat meningkatkan performa mesin dan mencegah terjadinya ketukan (knocking) yang dapat merugikan mesin.

Penting untuk dicatat bahwa RON hanyalah salah satu dari beberapa metode pengukuran oktan pada bahan bakar, dan angka RON biasanya lebih tinggi daripada nilai AKI (Anti Knock Index) atau PON (Pump Octane Number) yang biasa digunakan di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat. Oleh karena itu, saat memilih bahan bakar di pompa, konsumen sering melihat angka RON atau AKI yang tertera pada pompa bensin untuk menilai kualitas bahan bakar yang mereka beli.

Manfaat Memahami RON

Memahami RON (Research Octane Number) memiliki beberapa manfaat yang penting dalam konteks pemilihan bahan bakar dan pemahaman kinerja kendaraan.

Berikut adalah beberapa fungsi penting dari mengetahui nilai RON:

Dapat Memilih Bahan Bakar Yang Tepat

Dengan pemahaman terhadap nilai RON, Anda dapat membuat pilihan bahan bakar yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan Anda. Memilih bahan bakar dengan angka RON yang sesuai dapat mencegah terjadinya knocking berlebihan dan memastikan mesin beroperasi dengan performa optimal. Sehingga, pemahaman terhadap konsep RON sangat penting bagi konsumen untuk memastikan kinerja dan efisiensi mesin kendaraan yang maksimal.

Mencegah Kerusakan Mesin

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan dapat mengakibatkan knocking berlebihan pada mesin. Knocking yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai bagian vital mesin, meningkatkan tingkat keausan, dan mempercepat kebutuhan perawatan atau perbaikan. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan rekomendasi pabrikan mengenai jenis dan angka RON bahan bakar yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kinerja optimal mesin kendaraan Anda.

Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar dengan nilai yang tepat dapat meningkatkan efisiensi pembakaran dalam mesin. Pembakaran yang efisien berarti bahan bakar terbakar secara optimal, menghasilkan lebih sedikit limbah atau emisi. Dengan mengoptimalkan proses pembakaran, efisiensi bahan bakar kendaraan dapat ditingkatkan, yang pada gilirannya dapat mendukung performa mesin yang lebih baik dan mengurangi dampak lingkungan melalui pengurangan emisi.

Mengoptimalkan Kinerja Kendaraan

Dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan nilai RON yang tepat, Anda dapat meningkatkan kinerja kendaraan. Bahan bakar yang cocok akan memberikan akselerasi yang lebih baik, respons mesin yang lebih tajam, dan kinerja keseluruhan yang optimal, sehingga membuat pengalaman mengemudi lebih memuaskan.

Menentukan Jenis Bahan Bakar yang Cocok untuk Mesin

Setiap jenis mesin memiliki persyaratan bahan bakar yang berbeda. Mesin dengan tingkat kompresi tinggi atau yang telah mengalami modifikasi mungkin memerlukan bahan bakar dengan nilai RON yang lebih tinggi untuk mencegah knocking.

Di sisi lain, mesin dengan tingkat kompresi lebih rendah mungkin tidak memerlukan bahan bakar dengan angka RON yang tinggi. Adapun pemilihan bahan bakar yang sesuai dengan persyaratan mesin akan membantu memastikan performa optimal dan mencegah potensi kerusakan pada mesin.

Nilai RON pada Produk BBM Di Indonesia
Nilai RON pada Produk BBM Di Indonesia

Nilai RON pada Produk BBM Di Indonesia

BBM di Indonesia terdiri dari beberapa tingkat RON. Berikut daftarnya:

Premium (RON 88)

BBM Premium memiliki nilai oktan paling rendah. BBM RON 88 cocok untuk mobil atau motor yang memiliki kompresi mesin rendah, yakni 9:1

Pertalite (RON 90)

Pertalite yang memiliki oktan 90 paling banyak digunakan di Indonesia karena memang RON pada BBM jenis ini dianggap paling sesuai dengan kebanyak mobil. Pertalite cocok digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 sampai 10:1.

Pertamax (RON 92)

BBM jenis Pertamax ini sangat cocok dengan kendaraan-kendaraan keluaran terbaru yang memiliki rasio kompresi 10:1 hingga 11:1, atau kendaraan dengan teknologi Electronics Fuel Injection (EFI).

Yuk segera pesan Marine Fuel Oil (MFO) dari Solar Industri sekarang! Temukan semua informasi yang kamu butuhkan di website kami!

Berita Terbaru

Loker HR Manager

JABATAN      : HR Manager LOKASI         : Kantor Pusat  REQUIREMENTS: Pendidikan S1 Diutamakan Jurusan Psikologi Atau Hukum (jurusan Lain Dipersilahkan Melamar) Berpengalaman Di Bidangnya Min. 3 Tahun Menguasai Ms.

Jenis – Jenis Bahan Bakar Yang Digunakan Di Industri 

Industri modern sangat bergantung pada berbagai jenis bahan bakar untuk menjalankan operasionalnya. Bahan bakar yang digunakan tidak hanya menyediakan energi untuk mesin dan peralatan, tetapi juga berperan penting dalam efisiensi

Harga Solar Industri Hari Ini 2024

Pengertian Solar Industri Solar industri adalah jenis bahan bakar minyak yang digunakan dalam berbagai industri untuk menggerakkan mesin dan peralatan berat. Bahan bakar ini sering disebut juga sebagai solar atau

Pompa Injeksi In Line Pada Mesin Diesel

Pompa injeksi tipe inline pada mesin diesel dirancang untuk digunakan pada mesin tetap, kendaraan komersial, serta mesin konstruksi dan pertanian. Pompa ini berfungsi untuk menyuplai bahan bakar bertekanan tinggi ke

Jangan Bingung! Begini Cara Memilih Oli Industri Yang Cocok Untuk Kebutuhanmu

Dalam industri, memilih oli yang tepat sangat penting untuk memastikan mesin dan peralatan bekerja dengan optimal. Oli industri berperan krusial dalam mengurangi gesekan, mencegah keausan, dan memastikan semua komponen mesin

Peran Penting Mesin Industri Bagi Industri Manufaktur

Mesin industri adalah salah satu elemen kunci dalam dunia manufaktur yang berkembang pesat di Indonesia. Jadi, apa sebenarnya mesin industri itu? Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendetail apa

Translate »
Scroll to Top