Jangan Salah Beli! Ini Berbagai Jenis Genset Sesuai Kebutuhan Anda

Pemadaman listrik bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, seperti yang baru-baru ini kita alami di sejumlah wilayah Sumatra. Ketika listrik padam, genset menjadi solusi terbaik untuk memastikan pasokan listrik tetap ada. Namun, dengan banyaknya pilihan genset di pasaran, memilih yang tepat bisa menjadi tugas yang membingungkan. Apakah Anda tahu bahwa genset tidak hanya berbasis bensin, tetapi juga tersedia dalam berbagai tipe seperti mesin 2 tak? Seberapa besar outputnya? Untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat, mari kita simak penjelasan berikut mengenai jenis dan spesifikasi genset.

Genset, atau generator set, adalah alat yang berfungsi menghasilkan energi listrik. Energi yang dihasilkan ini dapat digunakan sebagai pengganti energi listrik yang terputus, atau sebagai sumber listrik untuk area yang belum terjangkau jaringan listrik. Memahami jenis-jenis genset dan spesifikasinya sangat penting agar Anda dapat memilih genset yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk rumah, bisnis, maupun industri.

Secara umum, genset dibedakan menjadi dua berdasarkan bahan bakar yang digunakan, yaitu :

Genset Diesel

Sebelum populernya genset berbahan bakar bensin, genset diesel menjadi pilihan utama para pengguna. Mungkin Anda masih ingat dengan nama populer “Dongfeng” yang sering digunakan untuk menyebut genset diesel, bahkan untuk merk lainnya. Hal ini menunjukkan betapa populernya genset diesel di kalangan masyarakat.

Genset diesel sering digunakan untuk menyuplai daya pada acara-acara besar, seperti hajatan, pentas seni, dan berbagai kegiatan lain yang membutuhkan suplai daya besar. Genset jenis ini umumnya memiliki kapasitas besar, dengan output daya berkisar antara 10.000 hingga 100.000 watt (100 KVA).

Seiring perkembangan teknologi, genset diesel kini hadir dengan fitur-fitur canggih seperti ukuran yang lebih compact, operasi yang lebih senyap (silent), dan emisi gas buang yang rendah (low emission). Selain itu, berbagai fitur menarik juga diterapkan, termasuk double starter, automatic choke, low oil indicator, low tank indicator, engine wheel, dan remote engine system.

Dengan memahami jenis dan spesifikasi genset yang tersedia, Anda dapat memilih genset yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk keperluan rumah tangga, bisnis, maupun acara besar. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai genset dan fitur-fiturnya yang modern.

Genset Gasoline

Genset gasoline adalah jenis generator yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar utama. Ini merupakan pengembangan dari teknologi genset terdahulu yang mayoritas menggunakan solar. Berdasarkan teknologi yang diterapkan pada mesinnya, genset gasoline hadir dalam dua jenis, yaitu:

  1. Genset Mesin 2 Tak Genset mesin 2 tak memiliki karakteristik torsi yang besar dengan komponen mesin yang lebih sedikit dibandingkan mesin 4 tak. Oleh karena itu, genset ini biasanya berukuran kecil dan berkapasitas rendah, cocok untuk kebutuhan daya kecil seperti usaha dagang dan lainnya yang membutuhkan daya kurang dari 1000 watt.
  2. Genset Mesin 4 Tak Genset mesin 4 tak menawarkan produk yang sangat bervariasi, dengan kapasitas mulai dari 1500 watt hingga 10.000 watt. Genset ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik pribadi maupun usaha. Keuntungan lain dari genset 4 tak adalah hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Kebanyakan genset jenis ini menghasilkan arus listrik single phase, namun untuk kapasitas 10.000 watt biasanya menggunakan 3 phase.

Dengan memahami perbedaan dan keunggulan masing-masing jenis genset gasoline, Anda dapat memilih genset yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk kebutuhan rumah tangga, bisnis kecil, hingga usaha yang memerlukan daya besar. Rekomendasi Genset Sesuai Kebutuhanmu.

Untuk memastikan genset diesel Anda berfungsi optimal, penggunaan bahan bakar berkualitas sangat penting. PT SHA SOLO, sebagai agen BBM industri resmi Pertamina, menawarkan produk Solar Industri yang sesuai untuk berbagai jenis genset diesel. Solar Industri dari PT SHA SOLO tidak hanya memastikan efisiensi dan keandalan operasi genset Anda, tetapi juga memberikan ketenangan pikiran dengan kualitas yang terjamin. Dengan layanan yang terpercaya dan produk berkualitas tinggi, PT SHA SOLO siap menjadi mitra energi Anda, memastikan bahwa kebutuhan energi cadangan Anda terpenuhi dengan optimal.

Berita Terbaru

PT SHA SOLO Ikut Serta Dalam Kegiatan Donor Darah yang Diadakan Oleh Bank Arta Graha

PT SHA SOLO turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang diadakan oleh Bank Arta Graha, dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Acara ini berlangsung di kantor cabang Bank Arta

Diesel Hammer: Revolusi Energi Kinetik dalam Pemasangan Tiang Pancang Konstruksi

Diesel hammer merupakan salah satu mesin paling vital dan efisien dalam industri konstruksi, digunakan dalam berbagai proyek seperti pemasangan tiang pancang, pembangunan jembatan, gedung pencakar langit, serta proyek konstruksi besar

Apakah Mesin Diesel Bisa Menggunakan Bensin?

Mesin diesel dan mesin bensin adalah dua jenis mesin yang umum digunakan dalam berbagai kendaraan, masing-masing dengan karakteristik dan bahan bakar yang berbeda. Pertanyaan yang sering muncul di kalangan pemilik

Alat-alat Transportasi Udara, Keunggulan dan Kelemahannya

Transportasi udara telah menjadi tulang punggung mobilitas global, menawarkan manfaat yang tak tertandingi dibandingkan moda transportasi lainnya. Salah satu keunggulan utama transportasi udara adalah keamanannya; dengan teknologi canggih dan prosedur

Perbedaan Mesin Diesel 2 Tak dan 4 Tak: Mana yang Lebih Efisien untuk Kapal

Dalam dunia otomotif, khususnya pada sektor perkapalan, mesin diesel memainkan peran penting dalam menentukan performa dan efisiensi kapal. Terdapat dua jenis utama mesin diesel yang digunakan pada kapal, yaitu mesin

Langkah-Langkah Identifikasi Bahaya untuk Meningkatkan K3 di Perusahaan Anda

Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko, dan Pengendalian Risiko adalah elemen kunci dalam Sistem Manajemen Keselamatan Kerja OHSAS 18001:2007, terutama dalam klausul 4.3.1. Proses Identifikasi Bahaya dilakukan untuk merumuskan rencana penerapan K3

Translate ยป
Scroll to Top