Daftar Nama Pelabuhan di Jakarta Terbaru - PT SHA SOLO

Daftar Nama Pelabuhan di Jakarta Terbaru

pelabuhan-muara-baru

Pelabuhan berperan sebagai gerbang utama aktivitas ekonomi. DKI Jakarta, sebagai ibu kota negara, diuntungkan dengan keberadaan sejumlah pelabuhan yang signifikan. Di antaranya, Pelabuhan Tanjung Priok menonjol sebagai pelabuhan terbesar di Jakarta, khususnya di wilayah Jakarta Utara, dan dikenal sebagai pelabuhan tersibuk.

Pelabuhan Tanjung Priok

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang pelabuhan-pelabuhan lain yang berada di Jakarta, termasuk jumlah dan nama-nama mereka, artikel ini menyediakan informasi yang komprehensif. Dengan melanjutkan membaca, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih luas mengenai infrastruktur pelabuhan di DKI Jakarta dan perannya dalam mendukung kegiatan ekonomi di kawasan ini.

Nama Pelabuhan di Jakarta

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, merupakan inti dari berbagai kegiatan maritim yang signifikan di negara ini. Lebih dari sekadar pusat kegiatan politik dan ekonomi, Jakarta juga berperan vital sebagai tuan rumah bagi sejumlah pelabuhan penting yang menjadi motor penggerak ekonomi dan perdagangan nasional.

Fungsi ekonomi yang dijalankan oleh pelabuhan-pelabuhan ini sangat luas, mulai dari menjadi titik transit untuk peralihan moda transportasi, mendukung kegiatan industri dan perdagangan, hingga fungsi sebagai pusat distribusi, produksi, dan konsolidasi muatan. Selain itu, keberadaan pelabuhan ini juga merupakan manifestasi dari Wawasan Nusantara dan pengamalan kedaulatan negara.

Di wilayah Jakarta, terdapat 12 pelabuhan yang memegang peran penting dan beragam. Penasaran apa saja nama-nama pelabuhan tersebut? Mari kita jelajahi satu per satu untuk mengenal lebih dekat peran serta kontribusi mereka terhadap perekonomian dan kedaulatan Indonesia.

Pelabuhan Tanjung Priok

pelabuhan tanjung priok jakarta
pelabuhan tanjung priok jakarta

Tanjung Priok, terkenal sebagai pelabuhan utama di Jakarta, berperan penting dalam jaringan logistik Indonesia. Sebagai hub yang vital, pelabuhan ini tidak hanya mendukung kegiatan ekonomi domestik tapi juga internasional melalui fasilitas ekspor-impor yang canggih dan kapasitas penanganan barang yang besar.

Sebagai pelabuhan utama, Tanjung Priok tidak hanya melayani kegiatan angkutan laut dalam skala besar, baik domestik maupun internasional, tetapi juga berfungsi sebagai pusat distribusi utama penumpang dan barang. Fungsinya meliputi transportasi antarprovinsi, menjadikannya titik krusial dalam mendukung kelancaran distribusi dan mobilitas di seluruh nusantara. Dengan demikian, Tanjung Priok memiliki peranan strategis dalam memperkuat perekonomian Indonesia serta memfasilitasi pertukaran budaya dan barang antarnegara.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda-Kelapa
Pelabuhan Sunda-Kelapa

Sunda Kelapa, yang terletak di Jakarta Utara, merupakan pelabuhan bersejarah yang kini beroperasi sebagai tempat bongkar muat barang dan petikemas. Pelabuhan ini, terkenal dengan pelayanannya untuk kapal-kapal berukuran kecil, memfokuskan operasinya pada perdagangan antarpulau. Pelabuhan Sunda Kelapa, dengan sejarah panjangnya sebagai pusat perdagangan, terus memainkan peran dalam mendukung kegiatan ekonomi lokal melalui facilitasi transportasi dan distribusi barang antarpulau, mengukuhkan posisinya sebagai titik penting dalam jaringan perdagangan maritim Indonesia.

Pelabuhan Muara Baru

pelabuhan-muara-baru
pelabuhan-muara-baru

Pelabuhan Muara Baru, dikenal pula sebagai Pelabuhan Perikanan Samudera Jakarta, menandai posisinya sebagai pelabuhan perikanan tangkap terbesar di Asia Tenggara. Dirancang untuk melayani kapal penangkap ikan dan kapal pengangkut ikan yang beroperasi dalam skala perdagangan internasional, Muara Baru menjadi titik krusial dalam jaringan perdagangan perikanan. Menurut catatan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pelabuhan ini memiliki kemampuan untuk menampung kapal dengan berat minimal 50 ton, mengukuhkan perannya sebagai hub penting dalam industri perikanan dan menyediakan fasilitas yang mendukung keberlangsungan perdagangan perikanan di tingkat global.

Pelabuhan Kalibaru

Pelabuhan Kalibaru
Pelabuhan Kalibaru

Pelabuhan Kalibaru, terletak di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, merupakan salah satu proyek pembangunan pelabuhan yang tengah berlangsung dengan rencana penyelesaian pada tahun 2024. Keberadaan pelabuhan ini sangat strategis dan dianggap penting sebagai langkah antisipatif mengingat kapasitas Terminal Tanjung Priok yang saat ini sudah mencapai 70%. Pembangunan Pelabuhan Kalibaru diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan efisiensi operasional pelabuhan di Jakarta, mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan volume perdagangan dan pelayanan logistik yang lebih baik.

Pangkalan Pasir Kalibiru

Pangkalan Pasir Kalibiru
Pangkalan Pasir Kalibiru

Pangkalan Pasir Kalibiru merupakan pelabuhan yang berperan sebagai pengumpan regional di Jakarta. Pelabuhan ini memiliki fungsi khusus untuk melayani angkutan dalam negeri, menjadikannya bagian penting dari jaringan transportasi maritim Indonesia yang menghubungkan berbagai daerah. Sebagai pengumpan regional, Pelabuhan Pangkalan Pasir Kalibiru memainkan peran penting dalam mendistribusikan barang dan jasa ke berbagai wilayah, memastikan kelancaran arus barang secara domestik. Keterbatasan jangkauan pelayanannya yang hanya di dalam negeri tidak mengurangi pentingnya pelabuhan ini dalam mendukung perekonomian regional dan nasional, terutama dalam memfasilitasi perdagangan antar pulau dan memperkuat konektivitas antar daerah di Indonesia.

Pelabuhan Marunda

Pelabuhan Marunda
Pelabuhan Marunda

Pelabuhan Marunda, terletak di wilayah Jakarta, memegang peran penting dalam menyediakan layanan transportasi untuk kapal kargo yang mengangkut curah kering dan cair. Fungsi utamanya adalah untuk mendukung kegiatan operasional dan logistik dari berbagai terminal di sekitarnya yang beroperasi dalam sektor industri dan energi. Dengan posisinya yang strategis, Pelabuhan Marunda berkontribusi signifikan terhadap efisiensi distribusi barang dan bahan baku yang esensial untuk keberlangsungan dan pengembangan aktivitas industri serta energi di region tersebut.

Pelabuhan Muara Angke (Kaliadem)

Pelabuhan Muara Angke (Kaliadem)
Pelabuhan Muara Angke (Kaliadem)

Pelabuhan Muara Angke, sering disebut Kaliadem, memiliki peran khusus sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan. Fungsi utamanya tidak hanya sebagai dermaga bagi kapal-kapal yang beraktivitas mencari ikan tetapi juga sebagai pusat pelelangan dan perdagangan ikan dalam skala besar. Kegiatan ini menjadikan pelabuhan Muara Angke sebagai salah satu titik vital dalam mendukung industri perikanan lokal, memfasilitasi distribusi ikan tangkap ke berbagai area konsumsi, serta memperkuat ekonomi masyarakat nelayan dan pelaku usaha terkait di sekitarnya.

Pelabuhan Pantai Mutiara

Pelabuhan Pantai Mutiara
Pelabuhan Pantai Mutiara

Pelabuhan Pantai Mutiara, berlokasi di Jakarta Utara, merupakan salah satu daerah pelabuhan yang unik di Jakarta. Dikenal karena letaknya yang strategis dan pemandangannya yang indah, Pelabuhan Pantai Mutiara seringkali dihubungkan dengan aktivitas rekreasi dan gaya hidup mewah. Meskipun tidak berfungsi sebagai pelabuhan komersil utama untuk kegiatan ekspor-impor atau perikanan, Pelabuhan Pantai Mutiara memegang peran penting dalam melayani kebutuhan transportasi air pribadi dan kegiatan maritim rekreasi, seperti yachting dan berlayar. Kehadiran pelabuhan ini menambah keragaman fungsi pelabuhan di Jakarta, mencerminkan kombinasi antara kegiatan ekonomi, industri, dan gaya hidup.

Pelabuhan Marina Ancol

Pelabuhan Marina Ancol
Pelabuhan Marina Ancol

Pelabuhan Marina Ancol, yang terletak di dalam kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, memegang peran unik dan vital sebagai dermaga kapal pesiar premier di Indonesia. Selain itu, pelabuhan ini dikenal sebagai marina terlengkap di negara ini, menawarkan berbagai layanan dan fasilitas untuk kapal pesiar dan yachting. Marina Ancol tidak hanya melayani sebagai tempat bersandar kapal pesiar mewah, tetapi juga sebagai pusat aktivitas wisata bahari yang menyediakan akses ke Kepulauan Seribu. Ini menjadikannya titik berangkat yang populer untuk mereka yang ingin menjelajahi keindahan kepulauan tersebut, baik untuk tujuan rekreasi maupun pariwisata. Kehadiran Marina Ancol menegaskan posisi Jakarta sebagai pusat kegiatan maritim yang penting, sekaligus memberikan fasilitas bertaraf internasional bagi para penggemar wisata bahari dan yachting.

Pelabuhan Cakung Drain Cilincing

Pelabuhan Cakung Drain Cilincing
Pelabuhan Cakung Drain Cilincing

Pelabuhan Cakung Drain Cilincing, mirip dengan Pangkalan Pasir Kalibiru, memainkan peran penting sebagai pengumpan regional. Ini berarti bahwa pelabuhan ini difokuskan untuk melayani kebutuhan transportasi dan logistik dalam skala nasional, menghubungkan Jakarta dengan berbagai wilayah lain di Indonesia. Dengan fungsinya ini, Pelabuhan Cakung Drain Cilincing mendukung efisiensi distribusi barang dan jasa, serta memperkuat konektivitas antar daerah, yang esensial untuk pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di seluruh negara.

Pelabuhan Kamal Muara

Pelabuhan Kamal Muara
Pelabuhan Kamal Muara

Kamal Muara adalah pelabuhan yang sering dijadikan tujuan wisata. Di sini, pengunjung dapat melihat banyak perahu nelayan yang berlabuh di sepanjang sungai. Ini memberikan pengalaman yang menarik bagi wisatawan yang ingin melihat aktivitas nelayan lokal dan suasana pelabuhan yang hidup.

Berita Terbaru

Pengertian Refinery dalam Industri Perminyakan

Refinery bisa di sebut juga pemurnian atau kilang adalah proses mengubah minyak mentah menjadi berbagai produk siap pakai seperti bensin, solar, dan lain-lain, atau menjadi bahan dasar untuk industri minyak.

Lowongan Supervisor Produksi PT Shabat Warna Gemilang

LOKER SUDAH DI TUTUP JABATAN      : SUPERVISOR PRODUKSI LOKASI         : PT SHABAT WARNA GEMILANG REQUIREMENTS: Pria/Wanita Usia 25 – 45 Tahun Pendidikan minimal SMA/sederajat Memiliki pengalaman diindustri percetakan minimal

Lowongan Supervisor Finance & Accounting PT Shabat Warna Gemilang

LOKER SUDAH DI TUTUP JABATAN      : Supervisor Finance & Accounting LOKASI         : PT SHABAT WARNA GEMILANG REQUIREMENTS: Pria/Wanita Usia maks. 40 tahun Pendidikan minimal S1 Akuntansi Pengalaman kerja minimal 3

Loker Finance Accounting – Solo Abadi Teknik

Loker Mekanik di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, pemimpin inovasi dalam solusi teknik, saat ini membuka peluang berharga untuk individu yang berdedikasi dan memiliki keahlian di bidang mekanik. Kami mencari

Loker Mekanik – Solo Abadi Teknik

Loker Mekanik di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, pemimpin inovasi dalam solusi teknik, saat ini membuka peluang berharga untuk individu yang berdedikasi dan memiliki keahlian di bidang mekanik. Kami mencari

Loker Service Advisor – Solo Abadi Teknik

Loker Service Advisor di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, perusahaan terdepan di industri teknik, membuka kesempatan emas bagi Anda yang memiliki passion dalam layanan pelanggan dan teknik untuk mengisi

Translate »
Scroll to Top