Penting ! Ini Cara Memilih Bahan Bakar Sesuai Kompresi Mesin Kendaraan - PT SHA SOLO

Penting ! Ini Cara Memilih Bahan Bakar Sesuai Kompresi Mesin Kendaraan

Memilih BBM

Pada dasarnya produsen kendaraan bermotor sebelum memasarkan produk, bisanya sudah melakukan berbagai macam riset dan penyesuaian spesifikasi, kemudian merekomendasikan bahan bakar apa aja yang cocok untuk digunakan pada mesin kendaraan yang diproduksi kepada konsumen. Hal ini di lakukan karena spesifikasi bahan bakar di setiap negara tidak selalu sama. Maka dari itu, konsumen perlu mengetahui spesifikasi bahan bakar yang baik dan cocok untuk mesin kendaraan.

Banyak ditemui kasus pemilik kendaraan bermotor yang asal-asalan memilih Bahan Bakar Minyak (BBM). Padahal, dalam penggunaan BBM sangat mempengaruhi peforma dan kondisi mesin. Penggunaan BBM yang sesuai rekomendasi produsen kendaraaan serta kompresi mesin, akan memberikan dampak yang baik bagi mesin. Tak hanya bagi performa saha tetapi juga keawetan dari komponennya.

Penggunaan BBM yang sesuai standart RON (Research Octane Number) akan memberikan hasil pembakaran yang baik di ruang mesin. Oleh karena itu, pemilik kendaraan dihimbau menggunakan BBM dengan oktan yang tinggi atau sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin.

Penggunaan BBM yang tepat sangat membantu proses pembakaran yang terjadi di ruang mesin sehingga pembakaran menjadi lebih baik dan efisien. Proses pembakaran yang baik sangat mempengaruhi pefroma mesin dan usia mesin kendaraan yang lebih awet dan tahan lama. Hal ini penting bagi pengguna kendaraan bermotor perlu cermat dalam memilih jenis bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin sebelum membeli.

Cara Memilih Bahan Bakar Minyak

Ketahui Berapa Nilai RON BBM

Nilai oktan adalah nilai besar tekanan yang diberikan sebelum BBM terbakar secara mendadak dalam proses pembakaran didalam msin. Nilai Research Octane Number (RON) yang tinggi akan membuat tenaga yang di hasilkan oleh mesin semakin besar. Begitu juga dengan semakin tinggi rasio kompresi mesinnya, maka akan semain besar teaga yang di hasilan.

Semakin tambah tinggi nilai oktan pada BBM menandakan ketahanan terhadap tekanan semakin tinggi, sehingga memerlukan tekanan yang lebih tinggi dan membutuhkan waktu yang lebih lama saat melakukan proses pembakaran di dalam mesin. Sekarang di pasaran sudah ada banyak pilihan produk bahan bakar yang nilai oktan terendah RON 88 hingga nilai tertinggi RON 98.

Jenis BBMNilai Oktan / RONRasio Kompresi
Premium887-8 : 1
Pertalite909-10 : 1
Pertamax9210-11 : 1
Pertamax Turbo9511-12 : 1
Shell Super9210-11 : 1
Shell V-Power9511-12 : 1
Performance 929210-11 : 1
Performance 959511-12 : 1
Nilai RON Berdasarkan Jenis BBM dan Rasio Kompresi

Premium Cocok Untuk Mesin Dengan Kompresi Berapa? Bensin premium cocok untuk mesin dengan tingkat kompresi yang lebih tinggi, biasanya di atas 7-8. Pertalite cocok untuk mesin dengan tingkat kompresi yang lebih tinggi, biasanya di atas 9-10, Pertamax cocok untuk mesin dengan tingkat kompresi yang lebih tinggi, biasanya di atas 10-11,dan Pertamax Turbo cocok untuk mesin dengan tingkat kompresi yang lebih tinggi, biasanya di atas 1-12

Perhatikan Sistem Pendingin Motor

Bahan bakar yang cocok untuk motor/mobil juga perlu memerhatikan sistem pendinginnya. Mungkin ada dari Anda yang ingin memodifikasi rasio kompresi motor/mobil agar bisa menggunakan bahan bakar yang memiliki kualitas baik. Hal yang perlu diingat sebelum memodifikasinya, periksa apakah motor/mobil memiliki sistem pendingin yang mendukung hal tersebut.

Bagi motor/mobil yang telah menerapkan sistem radiator, tidak perlu cemas motor/mobil akan mengalami panas atau overheat. Sementara bagi motor yang belum menerapkan sistem radiator biasanya hanya memanfaatkan angin yang masuk. Semakin tinggi nilai RON pada bahan bakar, semakin tinggi juga suhu yang dihasilkan.

Cari Tahu Rasio Kompresi Mesin

Salah satu yang perlu diperhatikan saat memilih bahan bakar yang cocok untuk kendaraan, yaitu rasio kompresi mesin. Untuk mengetahui angka rasio kompresi mesin kendaraab dengan membaca Buku Pedoman Pemilik yang biasanya diperoleh saat membeli sepeda kendaraan.

Kendaraan yang tinggi rasio kompresinya, biasanya memerlukan bahan bakar yang nilai oktannya lebih besar. Sekadar informasi, rasio kompresi mesin merupakan nilai yang menandakan perbandingan volume ruang pembakaran yang berasal dari kapasitas terbesar ke kapasitas terkecil.

Sementara rasio kompresi mesin adalah istilah teknis yang menunjukkan perbandingan antara volume silinder ketika piston berada di titik terendah dengan titik piston saat berada di titik paling atas.

Misalnya mesin 2.000 cc terdiri dari empat silinder, masing-masing silinder volumenya 500 cc. Saat piston berada di bawah setiap piston terisi penuh campuran bensin dan udara sebanyak 500 cc, namun ketika piston berada di atas volumenya menjadi 50 cc. Hal itu menandakan rasio kompresi mesin tersebut 10:1. Semakin tinggi rasio kompresi menandakan teknologi yang digunakan mesin tergolong canggih sebab menghasilkan emisi lebih rendah.

Pilihan bensin dari Pertamina ditujukan untuk mesin dengan kompresi berbeda-beda, berikut penjelasannya.

  1. Premium berwarna kuning, oktan 88 untuk rasio kompresi mesin 9:1.
  2. Pertalite berwarna hijau, oktan 90 untuk rasio kompresi mesin 9:1 sampai 10:1.
  3. Pertamax berwarna biru, oktan 92 untuk rasio kompresi mesin 10:1 sampai 11:1
  4. Pertamax Turbo berwarna merah, oktan 98 untuk rasio kompresi mesin 11:1 sampai 13:1
  5. Pertamax Racing oktan 100 untuk rasio kompresi mesin 13:1 ke atas.
Kendaraan BermotorRasio KompresiBahan Bakar Ideal
Honda ADV 15010,6 : 1Pertamax / Shell Super / Performance 92
Honda BeAT9,2 : 1Pertalite
Honda BeAT FI9,2 : 1Pertalite
Honda BeAT FI eSP10 : 1Pertamax / Shell Super / Performance 92
Honda BeAT Street10 : 1Pertamax / Shell Super / Performance 92
Honda Blade9,3 : 1Pertalite
Honda Blade FI9,3 : 1Pertalite
Honda CB150 Verza9,3 : 1Pertalite
Honda CB150R11 : 1Pertamax Turbo / Shell V-Power / Performance 95
Honda New CB150R11,3 : 1Pertamax Turbo / Shell V-Power / Performance 95
Honda CBR150R11,3 : 1Pertamax Turbo / Shell V-Power / Performance 95
Honda CBR150RR11,5 : 1Pertamax Turbo / Shell V-Power / Performance 95
Honda CRF150L9,5 : 1Pertalite
Honda CS110,7 : 1Pertamax / Shell Super / Performance 92
Honda Forza10,2 : 1Pertamax / Shell Super / Performance 92
Honda Genio10 : 1Pertamax / Shell Super / Performance 92
Honda Kharisma9 : 1Premium / Pertalite
Honda Kirana9 : 1Premium / Pertalite
Honda Legenda9 : 1Premium / Pertalite
Honda Mega Pro9,1 : 1Pertalite
Honda Mega Pro FI9,5 : 1Pertalite
Honda New Mega Pro9,5 : 1Pertalite
Honda Monkey9,3 : 1Pertalite
Honda PCX 15010,6 : 1Pertamax / Shell Super / Performance 92
Honda Revo9,3 : 1Pertalite
Honda Revo X9,3 : 1Pertalite
Honda Scoopy9,5 : 1Pertalite
Honda Scoopy FI9,5 : 1Pertalite
Honda Scoopy FI eSP9,5 : 1Pertalite
Honda SH150L10,5 : 1Pertamax / Shell Super / Performance 92
Honda Sonic 15011,3 : 1Pertamax Turbo / Shell V-Power / Performance 95
Honda Spacy9,2 : 1Pertalite
Honda Spacy FI9,2 : 1Pertalite
Honda Super Club C1259,3 : 1Pertalite
Honda Fit9 : 1Pertalite
Honda Supra Fit9 : 1Premium / Pertalite
Honda GTR 15011,3 : 1Pertamax Turbo / Shell V-Power / Performance 95
Honda Supra X9 : 1Premium / Pertalite
Honda Supra X 1259,3 : 1Pertalite
Honda Supra X 125 FI9,3 : 1Pertalite
Honda Supra X Helm In9,3 : 1Pertalite
Honda Supra X Helm In FI9,3 : 1Pertalite
Honda Tiger9 : 1Premium / Pertalite
Honda Vario 11010,7 : 1Pertamax / Shell Super / Performance 92
Honda Vario 110 FI9,2 : 1Pertalite
Honda Vario 110 FI eSP9,5 : 1Pertalite
Honda Vario 125 FI eSP11 : 1Pertamax Turbo / Shell V-Power / Performance 95
Honda Vario 150 Fi eSP10,6 : 1Pertamax / Shell Super / Performance 92
Honda Vario Techno 110 FI11 : 1Pertamax Turbo / Shell V-Power / Performance 95
Honda Vario Techno 125 FI11 : 1Pertamax Turbo / Shell V-Power / Performance 95
Honda Verza9,5 : 1Pertalite
Honda Win9 : 1Premium / Pertalite
Rasio Kompresi Mesin Kendaraan Honda

Akibat Bila Menggunakan Bahan Bakar yang Kurang Sesuai

Sekarang sudah banyak beredar produk BBM dari harga yang murah sampai dengan harga yang mahal. Akan tetapi harga yang murah lah yang menjadi pilihan pertama pengguna kendaraan dalam memilih sebuah bahan bakar.

Namun, jika sudah kebiasaan menggunakan BBM yang tidak sesuai spesifikasi mesin dan dilakukan secara terus menerus maka akan memicu berbagai macam masalah. Contohnya membuat sisa proses pembakaran menumpuk, terdengar suara yang tidak wajar dari mesin dan getaran (knocking), bahkan sampai membuat komponen mesin bisa menjadi rusak.

Kemudian jika mengisi BBM dengan oktan tinggi pada mesin yang berspesifikasi kompresi rendah akan membuat proses pembakaran lebih lama dan mesin sangat kesulitan dalam proses pembakaran BBM, sehingga tenaga mesin menjadi kurang bertenaga dan membuat BBM jadi cepat habis. Hasilnya menjadi kurang efisien, begitupula sebaliknya pada pemakaian BBM oktan rendah pada mesin yang memiliki spesifikasi kompresi tinggi.

Menggunakan bahan bakar yang kurang sesuai dengan spesifikasi kendaraan dapat menyebabkan sejumlah akibat yang merugikan. Berikut adalah beberapa akibat yang mungkin terjadi:

  1. Kerusakan Mesin: Bahan bakar yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan. Komponen-komponen seperti injektor, katup, dan piston dapat mengalami keausan lebih cepat atau mengalami gangguan fungsi akibat pembakaran yang tidak optimal.
  2. Penurunan Performa: Bahan bakar yang tidak sesuai dapat mengakibatkan penurunan performa kendaraan. Mesin mungkin tidak beroperasi dengan efisiensi maksimal, mengurangi daya dan efisiensi bahan bakar.
  3. Peningkatan Emisi Gas Buang: Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dapat meningkatkan emisi gas buang kendaraan. Ini dapat menciptakan dampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia.
  4. Meningkatkan Konsumsi Bahan Bakar: Bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar. Kendaraan akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menempuh jarak yang sama.
  5. Risiko Kerusakan pada Sistem Bahan Bakar: Bahan bakar yang tidak sesuai dapat menyebabkan penyumbatan atau kerusakan pada sistem bahan bakar, seperti filter bahan bakar dan pompa bahan bakar.
  6. Penyumbatan Injektor dan Karburator: Partikel atau zat tertentu dalam bahan bakar yang tidak sesuai dapat menyebabkan penyumbatan pada injektor atau karburator, menghambat aliran bahan bakar.

Untuk menghindari akibat negatif tersebut, penting untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan kendaraan dan memperhatikan spesifikasi bahan bakar yang digunakan. Hal ini tidak hanya menjaga performa kendaraan, tetapi juga mendukung efisiensi, lingkungan, dan umur mesin yang lebih panjang.

Yuk segera pesan Marine Fuel Oil (MFO) dari Solar Industri sekarang! Temukan semua informasi yang kamu butuhkan di website kami!

Berita Terbaru

Pengertian Refinery dalam Industri Perminyakan

Refinery bisa di sebut juga pemurnian atau kilang adalah proses mengubah minyak mentah menjadi berbagai produk siap pakai seperti bensin, solar, dan lain-lain, atau menjadi bahan dasar untuk industri minyak.

Lowongan Supervisor Produksi PT Shabat Warna Gemilang

LOKER SUDAH DI TUTUP JABATAN      : SUPERVISOR PRODUKSI LOKASI         : PT SHABAT WARNA GEMILANG REQUIREMENTS: Pria/Wanita Usia 25 – 45 Tahun Pendidikan minimal SMA/sederajat Memiliki pengalaman diindustri percetakan minimal

Lowongan Supervisor Finance & Accounting PT Shabat Warna Gemilang

LOKER SUDAH DI TUTUP JABATAN      : Supervisor Finance & Accounting LOKASI         : PT SHABAT WARNA GEMILANG REQUIREMENTS: Pria/Wanita Usia maks. 40 tahun Pendidikan minimal S1 Akuntansi Pengalaman kerja minimal 3

Loker Finance Accounting – Solo Abadi Teknik

Loker Mekanik di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, pemimpin inovasi dalam solusi teknik, saat ini membuka peluang berharga untuk individu yang berdedikasi dan memiliki keahlian di bidang mekanik. Kami mencari

Loker Mekanik – Solo Abadi Teknik

Loker Mekanik di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, pemimpin inovasi dalam solusi teknik, saat ini membuka peluang berharga untuk individu yang berdedikasi dan memiliki keahlian di bidang mekanik. Kami mencari

Loker Service Advisor – Solo Abadi Teknik

Loker Service Advisor di Solo Abadi Teknik. Solo Abadi Teknik, perusahaan terdepan di industri teknik, membuka kesempatan emas bagi Anda yang memiliki passion dalam layanan pelanggan dan teknik untuk mengisi

Translate »
Scroll to Top