Canggih!! Truk Tangki BBM Milik PT SHA Solo

Ekspedisi Energi truk tangki

PT SHA Solo, salah satu agen BBM industri produk Pertamina mengoperasikan berbagai truk tangki BBM yang sudah memiliki teknologi semacam ini. Tim Ekspedisi Energi 2022 sempat memotret aktivitas di garasi armada PT SHA di Wirodunan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukaharjo, senin (20/6/2022).

PT SHA Solo yang menjadi salah satu agen BBM industri terbesar di indonesia ini mengoptimalkan proses distribusi dengan melengkapi berbagai teknologi di armada truk mereka.

Saat Tim Ekspedisi Energi 2022 tiba di garasi, puluhan armada tangki berwarna biru putih yang berjajar. Ekspedisi Energi 2022 yang digelar Solopos Media Group (SMG) didukung PT Adaro Energy Indonesia Tbk, SUN Energy, Hyundai, PT Pertamina Asset 4 Poleng Field, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Pembangkitan Jawa Bali (PJB), SKK Migas dan Dinas ESDM Jawa Tengah.

Marketing Director PT SHA Solo, Aris Nuryanto, mengatakan semua truk tangki  di perusahaan tersebut mengatakan semua truk tangki di perusahaan tersebut memiliki fitur keamanan standar Eropa.

“Untuk truk tangki kami memang memiliki keamanan standar Eropa. Dimana itu tingkatannya cukup tinggi. kami memberlakukan sensor-sensor khusus untuk mencegah terjadinya BBM “kencing”.  Sebab kami sangat memperhatikan barang yang kami kirim ke konsumen. dengan begitu barang yang kami kirim, sesuai dengan permintaan konsumen,” kata dia, senin.

truk tangki

Truk keluaran Mercedes-Benz yang dioperasikan PT SHA Solo ini juga memiliki fitur kenyamanan yang tak kalah menarik. ruang kemudi yang longgar dab ber-AC membuat pengemudi merasa nyaman saat mengemudi truk. Tersedia juga tepat tidur untuk sopir pengganti.

“Sangat nyaman. tidak banyak armada truk dengan tingkat kenyamanan seperti ini,’ kata pengemudi truk tangki BBM di SHA Solo, Ranto.

Untuk panel dashboard sebagian besar merupakan panel digital. Termasuk layar pengganti spion yang menangkap gambar dari kamera sisi belakang truk. Selain itu, truk juga dilengkapi sensor pengaman yang mengurangi potensi kecelakaan.

Driver armada PT SHA Solo, Muhammad Taufiq, menjelaskan setiap armada selalu dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran ringan (APAR).

“Apar selalu tersedia baik dalam [area kemudi], tengah maupun belakang. selain itu juga ada tombol untuk memutuskan arus listrik truk untuk mengantisipasi jika terjadi korsleting. Saat mengisi atau menuang BBM, mesin dimatikan dan aliran listrik diputus untuk keamanan. Tombolnya juga tersedia di dalam [ruang kemudi], di tengah maupun belakang. Tombol bisa dipencet salah satunya, yang terdekat yang mana,” kata dia sambil menunjukan beberapa fitur keamanan pada armada tersebut.

Guna melengkapi keamanan, setiap hari kondisi truk juga akan selalu di pantau. ” pemeriksaan rutin selalu dilakukan setiap hari kondisi truk juga akan selalu dipantau.” Pemeriksaan rutin selalu dilakukan setiap hari untuk memastikan kondisi truk dalam kondisi prima,” kata salah satu mekanik PT SHA Solo, Ari Kusworo.

Artikel ini telah tayang di solopos.com dengan judul
“Canggih! Truk Tangki BBM Miliki PT SHA Solo Ini Punya Sensor Antikencing”,
https://www.solopos.com/mantap-perusahaan-di-solo-beri-solusi-penghematan-operasional-hotel-1314278

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »