Apa Itu Loco dan Franco ?

Bahan Bakar Kapal

Dalam ranah bisnis, proses jual-beli menjadi inti dari suatu produk atau layanan. Hal ini terutama berlaku pada industri perdagangan, khususnya dalam serah terima barang setelah penjualan atau pengadaan barang, yang umumnya dikenal dengan istilah Loco dan Franco.

Proses ini melibatkan banyak aspek dan dianggap cukup kompleks, karena terkait dengan transaksi yang telah terjadi sebelumnya. Langkah berikutnya adalah menentukan metode untuk memindahkan barang dari penjual ke pelanggan. Proses pemindahan barang ini kadang-kadang dapat mengakibatkan perubahan kualitas barang.

Ketika kondisi tersebut muncul, biaya distribusi dan risiko dalam pemindahan barang telah diatur sebelumnya. Ini menjadi langkah penting untuk memastikan kelancaran dan keamanan dalam proses serah terima barang setelah transaksi jual-beli.

Bahan Bakar Kapal

Berdasarkan alasan tersebut, resiko dalam memindahkan barang serta biaya distribusi biasanya telah diatur sebelum melakukan proses pemindahan. Selain itu, proses dalam menyerahkan barang juga berperan sebagai poin tambahan yang dapat menentukan harga jual produk. Sehingga, serah terima barang harus dilakukan dengan terstruktur menggunakan beberapa cara yang tersedia, diantaranya adalah locofranco, FOB, C&F, dan CIF.

Pengertian Loco


Mengacu pada Ukirama, istilah Loco atau ex works di sini merujuk pada biaya pengiriman barang yang ditanggung oleh pembeli dari inventaris penjual ke lokasi pembeli. Ini termasuk perubahan kemasan produk yang mungkin terjadi. Penjelasan tersebut mengindikasikan bahwa semua biaya terkait proses pengemasan, termasuk biaya tenaga kerja pengemas, dibebankan kepada pembeli.

Loco berasal dari kata “lokal,” menunjukkan bahwa proses ini hanya mempertimbangkan nilai intrinsik suatu barang. Nilai intrinsik mengacu pada harga dasar barang tanpa penambahan biaya apa pun, termasuk biaya pengemasan, pengangkutan, upah pekerja, dan biaya bongkar muat.

Dengan demikian, penjual hanya menerima pembayaran untuk nilai intrinsik barang. Secara tidak langsung, semua biaya ekstrinsik telah ditanggung oleh pembeli. Perlu dicatat bahwa Loco memiliki cakupan terbatas dan hanya dapat diterapkan dalam transaksi jual-beli domestik di satu negara.

Pengertian Franco

Franco, dalam konteks jual-beli suatu barang, berkebalikan dengan konsep loco. Dalam sistem franco, biaya pengiriman ditanggung oleh penjual. Dengan kata lain, harga yang diberikan oleh pembeli mencakup semua biaya dan merupakan harga bersih yang sudah disepakati dengan penjual. Biaya yang termasuk biasanya mencakup pengemasan, pengiriman, pajak, dan ongkos bongkar barang.

Penerapan sistem franco memastikan bahwa penjual menanggung berbagai biaya terkait dengan barang yang dijualnya. Dari sudut pandang pembeli, hal ini membuatnya lebih mudah karena pembeli membayar harga yang telah ditetapkan oleh penjual dan mendapatkan layanan yang komprehensif. Franco biasanya disebutkan sebagai informasi tambahan dalam surat penawaran barang, terletak di bagian akhir, dan memberikan keterangan tambahan terkait distribusi barang secara domestik.

Update Harga Solar Industri Terbaru

Berita Terbaru

HR Specialist

JABATAN      : HR SPECIALIST LOKASI         : HEAD OFFICE PT SHA SOLO REQUIREMENTS: Pendidikan S1 Diutamakan Jurusan Psikologi Atau Hukum (jurusan Lain Dipersilahkan Melamar) Berpengalaman Di Bidangnya Min. 2

Cara Menghitung Pemakaian Solar Pada Mesin Diesel

Dalam dunia industri, pemakaian solar pada mesin diesel menjadi elemen kunci yang mempengaruhi efisiensi operasional dan biaya produksi secara keseluruhan. Menghitung dengan cermat konsumsi solar dalam mesin diesel bukan hanya

Pelabuhan Tanjung Perak : Sejarah dan Fasilitas

Pelabuhan Tanjung Perak terletak di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan utama di Indonesia dan merupakan pusat perdagangan penting di wilayah Jawa Timur. Berdasarkan informasi yang

Pelabuhan Tanjung Priok : Sejarah dan Fasilitas

Pelabuhan Tanjung Priok, yang terletak di Jakarta, Indonesia, dibangun pada tahun 1883 oleh pemerintah kolonial Belanda. Pembangunan pelabuhan ini dimulai pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Jenderal Johannes van

Update Harga BBM Solar Industri HSD B35 Terbaru

Harga solar industri b35 hari ini, Penawaran harga Solar Industri HSD B35 Untuk Tanggal 15 s/d 29 Februari 2024 dengan harga Rp. 21.450 untuk wilayah 1, harga Rp. 21.450 untuk

Update Harga BBM Industri HSFO Terbaru

Penawaran harga Solar Industri HSFO Untuk Tanggal 15 s/d 29 Februari 2024 dengan harga Rp. 15.550 untuk wilayah 1, harga Rp. 15.650 untuk wilayah 2, harga Rp. 15.750 untuk wilayah

Translate »